Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera

Bupati dan wakil bupati beserta istri berfoto bersama Forkopimda Ketapang

Peringatan Dirgahayu RI ke-74

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 Tahun 2019 bertemakan “SDM Unggul Indonesia Maju”. Tema ini memiliki arti Republik Indonesia memiliki semangat untuk bisa membangun SDM yang unggul. Dengan SDM yang unggul bisa memajukan kesejahteraan membawa bangsa dan negara ke dalam persaingan global. Demikian halnya juga dengan pembangunan di Kabupaten Ketapang, sesuai visi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang periode 2016-2021, yakni Ketapang Yang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera. Pada misi keempat secara tegas disebutkan “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia”. Kualitas SDM yang unggul mesti ditingkatkan di semua lini kehidupan.

Momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Pemerintah Kabupaten Ketapang terus menggelorakan semangat rakyat dan memaknai semangat proklamasi. Kemerdekaan yang diraih dengan pengorbanan para pahlawan bangsa harus diisi sebaik mungkin. Menggelorakan semangat nasionalisme ini dimulai dari diri kita sendiri untuk melakukan perubahan. Selanjutnya dilingkungan dan akhirnya secara perubahan dapat terlihat secara global.

Bangkitnya semangat kebangsaan ini terlihat semaraknya warga Ketapang mengibarkan merah putih.  Demikian dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan, sejumlah lomba membuat juga digelar warga secara swadaya. Inisiatif dan inovasi individu warga itu semakin tampak. Begitu juga di kalangan instansi dan pemerintah daerah, tak ketinggalan dalam menggelorakan semangat nasionalisme. Lomba dan permainan rakyat digelar, seperti ditunjukkan lingkungan Kantor Bupati Ketapang pada 16 Agustus 2019. Ada berbagai pemainan rakyat yang dilakukan, seperti lomba karung, nangkap belut, bola dangdut, makan kerupuk, dan lain lain. Para karyawan di lingkungan Kantor Bupati Ketapang bergembira menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke 74.

Demikian juga rangkaian tahapan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019. Persiapan pelaksanaan tampak mengalami kemajuan dari tahun ke tahun di Kabupaten Ketapang. Mulai dari latihan paskibra, pengukuhan paskibra, penyerahan bendera merah putih maupun pelaksana upacara.

Adapun upacara yang dilaksanakan diantara, malam renungan suci di TMP Tanjungpura pada pukul 00.00 Wib, tanggal 17 Agustus 2019, upacara HUT Kemerdekaan di LP Kelas IIB Ketapang. Upacara pengibaran merah putih di halaman Kantor Bupati Ketapang, upacara ziarah di TMP Tanjungpura, maupun Upacara Aubade Penurunan Bendera Merah Putih.
Usai upacara pengibaran Bendera Merah Putih, Bupati Ketapang foto bersama Forkopimda dan Paskibra 2019.  Demikian juga penyerahan hibah mobil dari Dinas Perhubungan Ketapang kepada beberapa kepala desa, penyerahan piagam penghargaan kepada koperasi, penyerahan penghargaan kepada juara lomba desa tingkat Kabupaten Ketapang, maupun penyerahan penghargaan kepada siswa SMP yang berprestasi pada olimpiade sains dan olahraga nasional.
Dirgahayu ke-74 Republik Indonesial. SDM Unggul Indonesia Maju. (*)

Read Previous

SDM Unggul untuk Pelayanan Lebih Baik

Read Next

Udara Kalbar Paling Tak Sehat

Tinggalkan Balasan

Most Popular