Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Ajak Orangtua Adaptasi Pola Asuh Anak di Masa Pandemi COVID-19

 Pandemi COVID-19 memberi pengaruh kepada pola pengasuhan anak di dalam keluarga. Untuk itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji mengingatkan kepada pengurus TP PKK Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat untuk segera beradaptasi dengan perubahan pola kehidupan saat ini.

“Keluarga-keluarga di dunia sedang beradaptasi dengan berbagai perubahan yang sedang terjadi karena virus COVID-19. Banyak orang tua yang merasa stres karena dihadapkan dengan kondisi saat ini,” ujar Hj. Lismaryani saat memberikan sambutan Penyuluhan Daring bertema “Pola Asuh Anak dan Remaja” bagi pengurus TP PKK Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, Selasa (4/8/2020).

Dia mengingatkan, saat ini seluruh dunia dihadapkan pada masalah pandemi COVID-19 yang sangat berpengaruh buruk pada perekonomian, pola konsumsi pangan, status gizi dan kesehatan. “Termasuk pula dengan perubahan pola asuh anak dan remaja,” imbuh Hj. Lismaryani.

Ditambahkannya, orang tua dituntut menyeimbangkan antara bekerja di luar rumah, merawat anak, dan juga mengerjakan pekerjaan rumah. Lain hal dengan anak-anak yang juga merasa tertekan karena segala gerak dan aktivitas saat ini sangat dibatasi.

“Pola asuh anak dalam keluarga sangat penting bagi setiap orang tua, karena pengaruhnya sangat besar pada kehidupan anak-anak di kemudian hari,” papar Hj. Lismaryani.

Dia mengingatkan agar para orangtua menghindari pola asuh yang keliru. Hal tersebut dapat berakibat anak-anak salah asuh dan menjadi anak yang bermasalah, jauh dari pola asuh anak baik serta diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Saya berharap anak-anak dapat berkembang dengan kualitas yang baik. Mengingat hal tersebut, maka perlu setiap keluarga memahami pola asuh anak untuk mencegah timbulnya permasalahn bagi anak maupun orangtua,” kata Hj. Lismaryani.

Berdasarkan kondisi saat ini, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar berupaya menyebarluaskan pentingnya pola asuh anak dan remaja di dalam keluarga. Kegiatan ini menghadirkan pakar di bidang pola asuh anak dan remaja di dalam keluarga, serta mendorong peningkatan peran keluarga dalam mendampingi anak di masa pandemi COVID-19. Mereka adalah Psikolog Dr. Fitri Sukmawati, M.Psi, dan Sri Ayu Septinawati, SH, MH.(*)

loading...