KKP Kucurkan Dua Program Pembangunan di Mempawah

Realisasi Program: Bupati Mempawah Hj Erlina saat menghadiri HUT ke-3 Aspeksindo di Jakarta. Istimewa

MEMPAWAH- Upaya Pemerintah Kabupaten Mempawah membangun sektor perikanan mendapatkan dukungan pemerintah pusat. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan realisasi dua program nasional di daerah itu. Salah satunya, Balai Budidaya Payau wilayah Kalimantan.  Kepastian realisasi dua program nasional KKP itu disampaikan Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH usai bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo dalam acara HUT ke-3 Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir se-Indonesia (Aspeksindo) di Ballroom Mina Bahari III, KKP di Jakarta, Senin (10/8) malam. Dalam acara HUT ke-3 Aspeksindo itu, Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH didampingi Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Mempawah, Gusti Basrun.  “Alhamdulillah, Pak Menteri Edhy Prabowo memberikan dua program pembangunan strategis di Kabupaten Mempawah. Pembangunan ini merupakan berkah bagi masyarakat Kabupaten Mempawah,” pendapat Erlina didampingi Gusti Basrun.

Dua program pembangunan tersebut, ungkap Erlina, pembangunan Balai Budidaya Payau wilayah Kalimantan. Bahkan, pembangunan tersebut digadang-gadang sebagai fasilitas termodern se-Indonesia. Keberadaan Balai Budidaya Payau ini diproyeksikan untuk menunjang pengembangan tambak udang di Pantai Utara Kalbar.

“Program pembangunan kedua yakni, pengembangan udang berkelanjutan sebagai komoditi eksport unggulan perikanan dengan perangkat cooldstorage dan pabrik pakan. Untuk pembangunan ini masih perlu dilakukan kajian. Jika memungkinkan akan direalisasikan di Mempawah,” paparnya. Terkait kedua program itu, Erlina memastikan Pemerintah Kabupaten Mempawah telah melakukan langkah koordinasi bersama KKP secara intens. Kemudian, Pemerintah Kabupaten Mempawah juga telah mempersiapkan lahan untuk merealisasikan pembangunan tersebut.

“Untuk posisi lahan, kita perlu melakukan inventarisasi aset Pemerintah Kabupaten Mempawah. Rencana awal, untuk balai budidaya payau kemungkinan di Desa Kuala Secapah, sedangkan pabrik pakan di Desa Sungai Bakau,” sebutnya. Lebih jauh, Bupati menyebut, pihaknya juga meningkatkan pembinaan pembudidaya udang dan calon pembudidaya untuk membuka lapangan kerja, serta menggaet pihak swasta yang bergerak di bidang budidaya udang serta membangun komunikasi permodalan KUR bersama perbankan.

“Kita optimis mampu merealisasikan pembangunan ini semaksimal mungkin. Sebab, eksekutif-legislatif Pemerintah Kabupaten Mempawah memiliki komitmen yang kuat untuk pengembangan kawasan perikanan,” tegasnya.  “Terlebih, pembangunan kawasan perikanan sangat strategis dalam upaya mendongkrak perekonomian dengan cara meningkatkan ekspor hasil perikanan lokal. Sekaligus mendukung operasional Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah,” tambahnya mengakhiri.(wah)

loading...