Klopp Khawatirkan Kebugaran

PERAWATAN : Liverpool James Milner (tengah) mendapat perawatan saat laga melawan Everton di Goodison Park, Liverpool, (21/6). Jon Super / POOL / AFP

LIVERPOOL — Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengakui cemas dengan kebugaran James Milner dan Joel Matip setelah menjalani pertandingan ‘perdana’ pasca jeda pandemi virus corona selama tiga bulan ke belakang. “Millie (Milner) merasakan sedikit masalah pada hamstring, tetapi kami sudah pernah mengalaminya di masa lalu. Millie tidak biasa cedera dan saya harap ini tidak serius,” ujar Klopp usai pertandingan dilansir Goal.com.

“Dia cukup cerdas untuk datang saat ia merasakan ada yang kurang baik, jadi saya harap itu adalah momen yang tepat. Mungkin dia tidak bisa bermain pada hari Rabu [melawan Crystal Palace], tetapi setelah itu saya akan mengharapkannya. Joel kurang beruntung dan kami harus membuat keputusan cepat. Itu terjadi saat situai dengan Richarlison dan dia terlalu menekuk jempolnya”.

Dalam pertandingan tersebut, The Reds bermain imbang tanpa gol menghadapi rival sekota mereka, yang membuat gelar juara menjadi semakin dekat. Namun, Liverpool harus menerima kabar buruk dengan Milner dan Matip terpaksa ditarik keluar di tengah pertandingan karena mengalami cedera.

“Saya tidak berpikir banyak orang yang mengalaminya. Itu sangat menyakitkan, tetapi saya harap itu bisa reda, rasa sakitnya mereda dan kemudian akan kami pantau lagi. Saya harap tidak ada hal serius, tetapi saya belum tahu,” katanya. Sedangkan pemain bertahan Andy Robertson, yang tidak masuk dalam skuat melawan Everton karena cedera ringan, mungkin akan dilibatkan. Liverpool juga akan mengevaluasi James Milner dan Joel Matip setelah keduanya menderita cedera saat melawan Everton.

Selain itu, Klopp memuji kipernya Alisson yang disebutnya ber-“kelas dunia” setelah pemain asal Brazil itu menghasilkan penyelamatan hebat mendekati akhir laga dalam pertandingan yang berakhir imbang 0-0 di Everton, Minggu. Dengan 10 menit tersisa, jentikkan cerdas striker Everton Calvert-Lewin dari umpan rendah Gylfi Sigurdsson didorong keluar oleh Alisson dan tembakan Tom Davies yang mengikutinya membentur tiang gawang.

“Itulah kiper kelas dunia, tidak banyak yang bisa dilakukan selama 90 menit dan kemudian dalam satu detik Anda harus berada di sana dan ia ada di sana,” kata Klopp kepada wartawan. “Itu jelas menyelamatkan kami satu poin — ini bukan yang pertama. “… Luar biasa. Permainan kiper yang sulit,” lanjutnya seperti dikutip Reuters dikutip Goal.co.id.

Dilansir CNN Indonesia, Jurgen Klopp mengungkap alasan tidak memainkan Mohamed Salah pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park itu.

Salah hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Klopp menurunkan Takumi Minamino sebagai starter pengganti Salah dan kemudian mengganti Minamino dengan Alex Oxlade-Chamberlain di babak kedua.

Klopp mendapat kritikan keras dari fan karena tidak memainkan Salah saat melawan Everton. Pelatih asal Jerman itu mengatakan jadwal ketat Liga Inggris membuat Salah tidak bermain saat melawan Everton.
“Ada alasan berbeda untuk susunan pemain. Ini waktu yang spesial, setelah empat pekan persiapan, kami tidak bisa menampik tim akan kembali bermain Rabu. Saya tidak bisa menampik. Ini bukan laga terakhir musim, jadi saya harus memikirkannya,” ucap Klopp dikutip dari 101 Great Goals.

Salah sempat mengalami cedera dan absen latihan bersama tim Liverpool pekan lalu. Kondisi itu membuat Klopp tidak mau memaksakan Salah bermain melawan Everton.
“Sejumlah pemain tidak bisa berlatih pekan lalu. Mereka berlatih, tapi tidak bersama tim, seperti Salah dan [Andrew] Robertson. Kemarin [Jumat] mereka latihan dan terlihat bagus. Itu sebabnya Salah masuk skuad, Robertson tidak, dia mungkin masuk skuat Rabu,” ujar Klopp.

“Untuk Robertson, lebih baik menjalani latihan dengan baik dan bisa masuk skuad Rabu. Untuk Salah, ini [tidak main lawan Everton] adalah hal yang tepat untuk dilakukan,” ucap Klopp.

Di sisi lain, penyerang Liverpool Sadio Mane terlibat dalam insiden sedikit memalukan. Mane lupa melakukan ritual berlutut saat kickoff babak pertama Everton vs Liverpool. Ritual tersebut merupakan bagian dari kampanye Black Lives Matter yang diterapkan Premier League pada pekan pertama kembali menjalani kompetisi.

CNN Indonesia menyiarkan, dalam video yang diunggah akun bernama Carl Markham, Mane yang berada di sisi kiri wilayah Liverpool, langsung berlari masuk ke wilayah Everton saat wasit Mike Dean meniup peluit tanda laga dimulai. Mane menjadi satu-satunya pemain yang berlari. Sementara para pemain Liverpool dan Everton, termasuk wasit Dean, langsung berlutut usai bunyi peluit. Penyerang asal Senegal itu kemudian berlari kembali ke wilayah Liverpool dan ikut berlutut. Laga Everton vs Liverpool langsung berlangsung usai ritual berlutut Black Lives Matter dilakukan.

Mane jadi satu-satunya trio penyerang Liverpool yang tampil 90 menit saat melawan Everton. Dua penyerang lainnya, Roberto Firmino dan Takumi Minamino, diganti pelatih Jurgen Klopp di babak kedua.Sayang penampilan penuh Mane gagal membawa Liverpool meraih kemenangan di markas Everton. Laga berakhir imbang tanpa gol dan Liverpool harus menempuh langkah lebih jauh untuk memastikan gelar Liga Inggris musim ini. (IST)

error: Content is protected !!