Klopp: Liverpool Harus Jadi Juara Liga Musim Ini

LIVERPOOL –Juergen Klopp, manajer Liverpool, menegaskan timnya pantas bila menjadi juara Liga Inggris musim ini. Dia juga tidak setuju soal isu kompetisi disetop total. Liverpool saat ini berada di puncak klasemen Premier League dengan 82 poin dari 29 laga yang telah dimainkan. The Reds terpaut 25 angka dari rival terdekatnya, Manchester City.

Sadio Mane dkk hanya membutuhkan dua kemenangan lagi agar bisa menyegel juara. Namun, wabah virus Corona membuat kompetisi dihentikan sementara sejak pertengahan Maret lalu.

Beberapa pihak disebut-sebut tidak ingin Liga Inggris dilanjutkan lagi karena pandemi COVID-19 masih belum bisa tertanggulangi. Gagasan itu ditentang keras Klopp karena dinilainya tidak adil jika Liverpool harus batal menjadi juara karena sisa musim ini tidak dilanjutkan.

“Ada pembicaraan soal orang-orang ingin musim ini dinyatakan batal dan tidak berlaku. Anda pasti berpikir: Hah? Kami sudah bermain 76 persen musim ini dan anda ingin melenyapkannya begitu saja?” Klopp menuturkan kepada DFB Academy, dikutip dari Tribuna.

“Kami kini di urutan pertama klasemen baik di laga kandang atau tandang, ini adalah musim yang mana kami harusnya menjadi juara. Menghadapi krisis memang yang terutama saat ini, tetapi itu bukan berarti hal-hal lain menjadi tidak penting,” dia menambahkan.

“Orang-orang mengatakan: Bagaimana bisa anda berpikir soal sepakbola di saat yang lainnya tengah sekarat? Tidak ada yang menginginkan itu, tapi sama seperti urusan-urusan lainnya, kami harus mempersiapkan diri sesudahnya karena hal tersebut akan segera terjadi,” Klopp mengungkapkan.

Apa yang diinginkan Klopp terkait kelanjutan Liga Inggris tampaknya akan segera terwujud. Premier League telah diberi izin oleh pemerintah Inggris untuk melanjutkan kompetisi bulan Juni mendatang.

Juergen Klopp sudah membawa Liverpool juara Liga Champions musim lalu. Namun memenangi Liga Inggris musim ini diyakini akan jadi prestasi terbaik pelatih asal Jerman tersebut.

Sebelum menangani The Reds, Klopp pernah mengantarkan Borussia Dortmund juara Bundesliga dua musim beruntun (2011 dan 2012). Bahkan di tahun 2012, ia mendapat gelar ganda, yakni Liga Jerman dan DFB-Pokal.

Namun menangani Liverpool jelas berbeda. Persaingan Premier League yang ketat akan membuat gelar juara liga terasa spesial jika berhasil diraih. Hal itu diungkapkan eks kiper Dortmund, Mitchell Langerak.

“Premier League jelas sulit untuk dimenangi. Persaingan di sana bukan hanya Dortmund vs Bayern Munich atau Dortmund vs Bayer Leverkusen saja.Di Inggris ada 3-5 tim yang berpeluang meraih gelar juara. Oleh karena itu, menjuarainya bersama Liverpool mungkin akan menjadi pencapaian terbaik dalam kariernya.,” ujarnya kepada Stats Perform, dikutip Sportskeeda.

“Sebetulnya saat kami memenangi Bundesliga di tahun 2011 pun merupakan hal yang luar biasa. Lalu mempertahankannya di tahun berikutnya, dan memenangi DFB-Pokal di tahun yang sama. Itu adalah hal besar, karena dilakukan dengan skuad yang muda dan relatif tak terkenal,” katanya.

“Dia melakukan hal-hal luar biasa dengan para pemain yang baru masuk Dortmund saat itu. Saya pikir dia sudah memiliki banyak prestasi, tapi bolehlah menyebut gelar Liga Inggris akan jadi yang terbaik untuknya,” jelas kiper asal Australia itu.

Liga Inggris direncanakan akan bergulir lagi bulan depan. Liverpool hanya butuh dua kemenangan untuk mengunci juara Liga Inggris pertama mereka dalam 30 tahun.(int)

Read Previous

Ketika Anak Terlalu ‘Baper’

Read Next

Ihwal TPP, PGRI Menyurati Wali Kota