Kloter 11 Pulang Sehat dan Selamat

KONDISI SEHAT: Jemaah haji Kabupaten Mempawah saat menunggu proses pemulangan di Embarkasi Batam.

Beberapa Jemaah Haji Kelelahan

MEMPAWAH – Seluruh jemaah haji Kabupaten Mempawah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 11 telah kembali ke tanah air, Rabu (28/8) pagi. Sebanyak 178 jemaah tiba dalam kondisi sehat dan selamat setelah sebulan lebih menunaikan ibadah haji.

Kembalinya para tamu Allah itu dijemput sanak keluarga di Asrama Haji Pontianak.
Petugas Pembimbing Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Mempawah, H Arifin, S.Pd kepada Pontianak memastikan seluruh jemaah haji daerah itu berhasil pulang ke tanah air usai melaksanakan rangkaian ibadah haji 1440 H.

“Alhamdulillah, seluruh jemaah haji Kabupaten Mempawah pulang dengan jumlah utuh seperti saat keberangkatan. Tidak ada yang tertinggal maupun mengalami perawatan di tanah suci,” kata Arifin.
Arifin menjelaskan, secara keseluruhan kondisi fisik dan kesehatan jemaah haji Kabupaten Mempawah dalam keadaan baik. Hanya saja, ada beberapa jemaah yang sudah berusia tua mengalami kelelahan setelah menempuh perjalanan panjang dari Arab Saudi.

“Ada beberapa jemaah kita yang mengalami kecapean. Maklum perjalanan sangat jauh, sehingga butuh istirahat untuk memulihkan stamina. Insha Allah, tidak ada yang mengalami penyakit berat hingga harus dirawat intensif,” sebutnya.

Arifin mengatakan, jemaah haji Kabupaten Mempawah berhasil melaksanakan rangkaian ibadah haji 1440 H dengan baik dan lancar. Dia menyebut, tidak ada kendala dan rintangan berarti selama melaksanakan proses ibadah haji di tanah suci.

“Alhamdulillah, seluruhnya berjalan dengan baik dan lancar. Jemaah haji Kabupaten Mempawah senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dari Allah Ta’ala untuk menyelesaikan tahapan-tahapan ibadah di tanah suci,” tuturnya.

Bahkan, Arifin mengaku jemaah haji Kabupaten Mempawah mendapatkan rahmat dari Allah selama melaksanakan ibadah di tanah suci. Yakni turunnya hujan di tanah Arab yang merupakan kejadian langka.

“Biasanya hujan jarang terjadi di Arab, namun kemarin Allah Ta’ala memberikan nikmat hujan untuk para jemaah. Bahkan, saya sendiri ikut bermain hujan bersama anak-anak di Arab. Karena, disana jarang sekali terjadi hujan,” ucapnya.

Apalagi, sambung Arifin, sebelumnya kondisi cuaca di tanah suci sangat panas dengan suhu mencapai 40-42 derajat. Karenanya, seluruh jemaah sangat bersyukur atas nikmat hujan hingga memberikan kesejukan dan kenyamanan bagi jemaah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

“Kami merasakan banyak sekali pertolongan dari Allah Ta’ala dalam pelaksanaan ibadah haji ini. Sejak keberangkatan hingga kepulangan semua berjalan dengan baik dan lancar. Pelayanan petugas dan konsumsi pun sangat baik sekali,” pujinya mengakhiri.

Sementara itu, sanak keluarga jemaah haji Kabupaten Mempawah terlihat sibuk mempersiapkan penyambutan. Sebagian keluarga juga telah menunggu jemaah haji di Asrama Haji Kota Pontianak.

“Tadi pagi, sebagian keluarga sudah berangkat ke Asrama Haji Pontianak untuk menunggu kepulangan. Jadwalnya siang hari sudah tiba di Kota Pontianak dan langsung pulang ke Mempawah. Saya dan keluarga lain menunggu dirumah saja,” kata Fitri, salah seorang kerabat jemaah haji Kabupaten Mempawah.

Sebelum bertolak menuju ke Mempawah, jemaah haji kloter 11 tiba di Embarkasi Batam pada Selasa (27/8) malam. Kedatangan para jemaah ini disambut Wakil Gubernur Kalbar, Drs. H Ria Norsan, MM, MH dan Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH beserta sejumlah pejabat daerah lainnya. (wah)

Read Previous

Taruna Asal Singkawang Jadi Korban Hilangnya Kapal MV Nur Allya

Read Next

Gubernur Carikan Investor Durian

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *