Kodam XII Dukung Kanwil Pajak Sukseskan Pelaporan SPT Tahunan

PLAKAT: Pemberian plakat sebagai tanda cindera mata oleh pangdam | IST

PANGLIMA Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pajak (DJP) Kalimantan Barat Farid Bachtiar beserta rombongan dalam acara silaturahmi dan koordinasi awal tahun 2020 bertempat di ruang Koridor lantai dua Kodam XII Tanjungpura di Pontanak, Rabu (15/2).

Dalam acara tesebut Farid menyampaikan rasa terima kasih atas kerja sama yang telah dilaksanakan selama ini antara TNI dan Kanwil DJP Kalimantan Barat. “Sebagaimana diketahui bersama bahwa setiap tahun ASN/TNI/Polri mempunyai kewajiban menyampaikan SPT Tahunan,” kata Farid.

Hai tersebut sebagai implementasi Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Oleh Aparatur Sipil Negara/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia Melalui E-Filing.

“TNI siap melaksanakan ketentuan tersebut. Diharapkan dapat dilakukan sosialisasi kepada seluruh prajurit di Kodam secepatnya agar semua dapat melaporkan SPT tepat waktu,” tegas Pangdam.
Berkaitan dengan adanya perubahan struktur organisasi di TNI, diharapkan data perpajakan dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada. “Saat ini di TNI ada bagian yang dihapus, dan ada bagian lain yang dimunculkan,” ujar Pangdam menjelaskan tentang adanya perubahan di tubuh TNI.

Menanggapi hal tersebut Farid menjelaskan bahwa, akan dilakukan data cleansing untuk pemutakhiran data, khususnya yang terkait bendahara pemerintah. Pada tahun 2019 penerimaan pajak dari sektor pemerintahan di Kalimantan Barat cukup besar yaitu mencapai sekitar 16% dari total penerimaan.
Farid juga menjelaskan bahwa penyampaian SPT Tahunan yang sudah menggunakan sistem online dapat memudahkan wajib pajak untuk melaporkan kewajibannya.

Apalagi saat ini hampir semua orang sudah menggunakan ponsel yang berbasis android. Sehingga rata-rata sudah memunyai email yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan online.

Untuk kelancaran penyampaian SPT akan dilakukan asistensi kepada bendahara dan pengisian SPT oleh KPP Pratama Mempawah sebagai KPP yang menaungi wilayah Kabupaten Kubu Raya.

“Dengan jumlah sekitar 12 ribu personel TNI di Kodam XI Tanjungpura, siap menyukseskan kegiatan pelaporan SPT Tahunan,” ujar Jenderal Bintang 1 tersebut dengan semangat, sesuai dengan moto Carathana Jita Vina, sekali melangkah pantang menyerah. (r/*)

loading...