Komisi C Minta Pembangunan Puskesmas Dipercepat

NGABANG – Komisi C DPRD Kabupaten Landak meminta pembangunan Puskesmas Kecamatan Jelimpo dipercepat. Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi C DPRD Landak, Nikodemus saatmelaksanakan kunjungan kerja di Kecamatan Jelimpo dalam rangka Monitoring Survey Pembangunan Puskesmas yang ada di Kecamatan Jelimpo. Jumat (16/10).

Nikodemus mengatakan, pembangunan Puskesmas diharapkan dapat selesai dengan tepat waktu. Tentu, dengan tidak mengurangi kualitas bangunan.

Menurutnya, dibanding empat Puskesmas lain yang juga dalam masa pembangunan, Puskesmas Jelimpo terkesan agak lambat yaitu di bawah 20 persen.

“Dan untuk diperkirakan untuk bulan 12 ini sudah selesai dan bulan 1 Tahun 2021 harus sudah dipakai, cuma melihat pembangunan ini walaupun di genjot pekerjaan ya untuk bulan 12 mungkin belum selesai,” ujar Nikodemus.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Landak, Lamri juga menuturkan hal serupa. Ia menyampaikan dari empat Kecamatan yang dibangun Puskesmas, hanya di Kecamatan Jelimpo yang terkesan terlambat pembangunannya. Ia pun meyayangkan hal tersebut.

“Terkait bangunan Puskesmas di Jelimpo ini, sangat disayangkan proses pembangunannya terlambat, sejauh ini hanya berjalan sekitar 19 persen saja. Walaupun pembangunan ini ingin cepat diselesaikan, namun kami harapkan tidak mengurangi kualitas bangunan,” katanya.

Ditanya terkait Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) menurutnya sudah tampak bagus.

Tinggal prosesnya saja sampai benar-benar jadi. Ia berharap kedepan Pemkab Landak, terutama Pihak Kecamatan Jelimpo, harus rutin untuk mengawasi proses pembangunan puskesmas ini, mengingat biayanya cukup besar dari Pemerintah Pusat dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Terkait pelayanan puskesmas saat ini di Kecamatan Jelimpo, walaupun masih terbatas, tapi kita bersyukur tenaga kesehatan sudah cukup memadai, baik PNS, honor maupun yang PTT dan persediaan obat-obatan pun sudah cukup, walaupun masih ada kekurangan, tapi tidak terlalu fatal. Terus terkait covid 19, sejauh ini bisa teratasi dengan baik tentunya dengan segala persiapan yang ada,” ungkap Lamri.

Selain itu Wakil Ketua Komisi C, Yohanes Desianto juga menyatakan akan terus memantau perkembangan pembangunan puskesmas tersebut.

“Jelimpo ini merupakan salah satu kecamatan Dapil saya. Maka dari itu saya secara pribadi juga akan terus memonitor perkembangan pembangunan infrastruktur puskesmas ini, tidak hanya melalui kunker saja. Kita tidak saling mencari kesalahan tapi kita bersama-sama ingin yang terbaik buat masyarakat kita. Dan semoga pekerjaan ini selesai tepat waktu sesuai kontrak oleh tim pelaksana kegiatan,” ujar Desianto, Wakil ketua Komisi C tersebut. (mif/MC DPRD Landak)

error: Content is protected !!