Komisi V DPRD Kalbar Dukung Transformasi Poltekkes Kemenkes Pontianak Menjadi Institut Kesehatan Negeri

PONTIANAK – Direktur Politeknik Kemenkes Pontianak Didik Hariyadi, s.Gz, M.Si, beserta Wadir 1,2, 3 dan Tim, melakukan kegiatan audiensi transformasi Politeknik Kemenkes Pontianak menjadi Institut Kesehatan Negeri (IKN) di hadapan Komisi V DPRD Kalbar.

Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak pada paparannya mengatakan bahwa Poltekkes Kemenkes Pontianak merupakan salah satu dari empat belas Poltekkes di Indonesia yang diusulkan bertransformasi menjadi institut. Saat ini terdapat 38 Poltekkes di Indonesia. Perubahan ini diperlukan karena tuntutan untuk meningkatkan kualitas tenaga kesehatan.

Kalimantan Barat merupakan provinsi yang memiliki peran strategis dengan luas 1,13 kali Pulau Jawa dan memiliki daerah dengan kategori Daerah Terpencil, Pedalaman, Kepulauan dan Perbatasan. Kalimantan Barat juga merupakan salah satu daerah yang memiliki masalah kesehatan.

Hal lain yang melatar belakangi pengembangan menjadi Institut Kesehatan Negeri (IKN) yaitu IPM kalbar masih diangka 67,66, Gini Rasio diangka 0,317, tuntutan perubahan peningkatan pendidikan yang dikehendaki oleh pengguna dan regulasi, Visi Poltekkes untuk berkualitas global kesulitan utk diwujudkan jika tidak menjadi institut, dan tuntutan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) untuk kualifikasi tenaga kesehatan adalah pendidikan akademik dan vokasi, serta masih tinggi anemo masyarakat untuk mendaftar melanjutkan pendidikan di bidang kesehatan.

Poltekkes Pontianak memiliki sumber daya yang siap untuk bertransformasi menjadi institut. Dosen yang dimiliki oleh Poltekkes Pontianak berjumlah 139, enam di antaranya sudah menyelesaikan pendidikan doktor. Tahun ini salah satu dosen sudah mendapat kenaikan jabatan akademik Profesor di bidang Kesehatan lingkungan.

Sarana dan prasarana yang dimiliki tersebar di beberapa lokasi kampus. Kampus A berlokasi di Jl. 28 Oktober yang terdiri dari Program Studi Sanitasi (Diploma Tiga), Sanitasi Lingkungan (Sarjana Terapan), Gizi (Diploma Tiga), Gizi dan Dietetik (Sarjana Terapan), Kesehatan Gigi (Diploma Tiga), Keperawatan (Sarjana Terapan) dan Ners Pontianak. Kampus B terletak di Jl. Dr. Soedarso yang terdiri dari Program Studi Kebidanan (Diploma Tiga), Kebidanan (Sarjana Terapan), Teknologi Laboratorium Medis (Diploma Tiga), Teknologi Laboratorium Medis (Sarjana Terapan), Kampus C yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo yang terdiri dari Program Studi Keperawatan (Diploma Tiga) dan Keperawatan (Sarjana Terapan). Yang terakhir adalah Kampus D yang berada di Sintang. Kampus ini merupakan Akademi Keperawatan Sintang yang baru bergabung dengan Poltekkes. Rekomendasi Poltekkes Kemenkes Pontianak menjadi IKN telah diperoleh dari Walikota Pontianak dan Gubernur Kalimantan Barat .Ketua Komisi V DPRD Kalimanatan Edy R Yacoub dan anggota  komisi  pada  arahanannya  mengatakan: Poltekkes Kemenkes Pontianak harus segera melakukan Langkah-langkah strategis untuk merealisasikan Transformasi menjadi institut. Kelengkapan Dokumen terkait Jurusan/prodi, jumlah mahasiswa, jumah Dosen  dan rencana pengembangan prodi baru harus disiapkan.

Poltekkes Pontianak juga harus meningkatan kualitas layanan, pembiayaan,  peningkatan peminat untuk masuk Poltekkes walaupun jumlah rasio daya tampung dan peminat masih 1:4,95.  Melakukan terobosan penyerapan lulusan, senantiasa meningkatkan Sumber daya dan dapat memprioritaskan penerimaan mahasiswa dan staf pengajar  untuk  masyarakat Kalimantan Barat

Ketua dan anggota Komisi V DPRD Prov.Kalimanatan Barat ,  menyambut baik dan mendukung serta  akan memberikan rekomendasi Politeknik Kemenkes Pontianak menjadi Institut Kesehatan Negeri.

Mudah-mudahan Politeknik Kemenkes Pontianak dapat segera menyelesaikan proses transformasi menjadi Institut Kesehatan Negeri, sehingga Kalimantan Barat memiliki Lembaga Pendidikan Kesehatan Negeri yang mampu meningkatkan Pendidikan Kesehatan putra-putri Kalimantan Barat dibidang Kesehatan baik secara  akademisi maupun  vokasi. (Sumber: Kerjasama & promosi Poltekkes Pontianak)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!