Komit Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Posyandu

KERJA SAMA: Penandatanganan MoU Pertamina, UPK Puskesmas Siantan Hulu dan Yayasan Jejak Pesisir Nusantara. IST

PT. Pertamina (Persero) Integrated Terminal Pontianak Salurkan CSR

PONTIANAK — PT. Pertamina (Persero) Integrated Terminal Pontianak berupaya ikut meningkatkan peran dan fungsi posyandu melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Hal ini dilakukan karena posyandu dinilai memiliki peran penting dalam pembangunan kesehatan masyarakat.

Untuk merealisasikannya, PT. Pertamina (Persero) Integrated Terminal Pontianak, UPK Puskesmas Siantan Hulu dan Yayasan Jejak Pesisir Nusantara melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding), Selasa (28/7) di Aula Kantor Lurah Siantan Hulu.

Wakil Direktur Jejak Pesisir Nusantara(JPN), Mordik Erdiansyah mengatakan program Community Development Bidang Kesehatan bertujuan meningkatkan peran serta aktif masyarakat dalam pembangunan kesehatan, memfasilitasi pelaksanaan posyandu dan pengembangan tanaman obat keluarga, serta meningkatkan kualitas sarana prasarana dan SDM sebagai kader dalam kegiatan posyandu.

“Adanya posyandu merupakan salah satu upaya pelayanan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dengan dukungan teknis petugas puskesmas. Karenanya kami melihat penting upaya untuk meningkatkan peran dan fungsi posyandu dalam menunjang peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” katanya usai menghadiri penandatanganan MoU.

Posyandu menurutnya dapat dikembangkan secara terintegrasi dengan kegiatan lain misalnya pengembangan tanaman obat keluarga, pembinaan lansia hingga pengembangan pendidikan anak usia dini.

Pembangunan kesehatan masyarakat sendiri bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. “Tentu saja keberhasilan pembangunan kesehatan ini tidak akan berjalan tanpa peran aktif dari masyarakat, pemerintah serta pihak lainnya. Salah satu bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam bidang kesehatan dapat dilihat melalui kegiatan posyandu,” jelasnya.

Kepala UPK Puskesmas Siantan Hulu, Tri Lestari mengutarakan terimakasih kepada PT. Pertamina (Persero) Integrated Terminal Pontianak dan Yayasan Jejak Pesisir Nusantara yang telah membantu pihaknya dalam peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dia berharap selain di Posyandu Sedap Malam, ke depan bantuan dan pendampingan juga bisa diberikan bagi wilayah binaan Puskesmas Siantan Hulu lainnya.

Tri Lestari menilai banyak manfaat yang didapatkan pihaknya dari bantuan ini, baik terhadap peningkatan kesehatan ibu, bayi, anak maupun masyarakat secara umum. “Kami berharap kerjasama yang terjalin ini bisa terus berlanjut dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik lagi ke depan,” harapnya.

Operation Head Pertamina Integrated Terminal Pontianak, Otto. Y. P. Tambunan mengatakan pihaknya selalu berkomitmen dan peduli terhadap kesehatan lingkungan dan masyarakat. Ia berharap bantuan ini tidak hanya bisa mendorong peningkatan pelayanan kesehatan namun juga bisa memotivasi masyarakat untuk terus menjaga kualitas kesehatan diri terutama di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, jika di setiap lingkungan masyarakat terdapat kader posyandu berkualitas, setidaknya ada perpanjangan tangan pemerintah untuk terus mengedukasi dan mensosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (ash)

loading...