Kompetisi Vlog OJK Dorong Inklusi Keuangan Pelajar

Kepala OJK Kalbar, Moch Riezky F Purnomo
*Perebutkan Hadiah Belasan Juta Rupiah
PONTIANAK – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah melakukan kampanye ‘Satu Rekening, Satu Pelajar (KEJAR)’ guna mendorong inklusi keuangan di kalangan pelajar. Sebagai bentuk implementasi kampanye tersebut, OJK  menggelar Kompetisi Vlog bagi pelajar setingkat SMP-SMA atau sederajat di Kalbar. Kompetisi ini memperebutkan hadiah berupa tabungan hingga belasan juta rupiah.
“Kompetisi Vlog antar pelajar di Kalimantan Barat, diharapkan menjadi katalisator program KEJAR dan menumbuhkan budaya menabung di kalangan pelajar,” ungkap Kepala OJK Kalbar, Moch Riezky F Purnomo, Selasa (18/8).
Dia menjelaskan, kampanye KEJAR bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung sejak dini dan meningkatkan inklusi keuangan pada kelompok pelajar. Melalui program ini, diharapkan seluruh pelajar di Indonesia dapat memiliki budaya menabung di lembaga jasa keuangan formal sejak dini sekaligus membuka akses pelajar kepada produk keuangan formal lainnya.
“KEJAR diharapkan dapat menjadi salah satu aspek dalam upaya peningkatan inklusi di Indonesia, dengan tujuan tercapainya 100 persen kepemilikan rekening pelajar di seluruh Indonesia,” tutur dia.
Secara umum, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilaksanakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, tercatat sebesar 75,33 persen dari total responden di Kalimantan Barat telah menggunakan produk dan/atau layanan jasa keuangan formal di berbagai industri keuangan. Menindaklanjuti hal tersebut, kata dia, pemerintah menargetkan inklusi keuangan pada tahun 2023 yaitu sebesar 90 persen.  Dalam rangka mencapai target yang telah ditetapkan tersebut, pelajar ditetapkan sebagai salah satu segmen prioritas mengingat jumlah pelajar di Indonesia yang cukup besar.
“Dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan dan mendukung budaya menabung sejak dini, OJK bersama dengan industri perbankan dan Kementerian/Lembaga terkait menginisiasi program KEJAR ini,” kata dia.
Adapun terkait Kompetisi Vlog yang digelar oleh OJK Kalbar, digelar dalam rangka Hari Indonesia Menabung. Tema lomba vlog yang diangkat adalah ‘Menabung itu Aku’. Adapun persyaratan lombanya, antara lain, peserta yang mengikuti kompetisi ini merupakan pelajar SMP sederajat dan SMA sederajat di Kalimantan Barat; durasi vlog maksimal tiga menit, dengan isi konten yang tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan melanggar hukum.
 Nantinya, vlog tersebut diunduh ke akun instagram peserta dengan menyertakan hastag #SimPelvlogcompetition, #hariindonesiamenabung, #akupelajar, serta akugenerasiSimPel. Setiap akun juga harus tag kea kun @kalbar_spektakuler dan @pontianakpost, serta lima orang teman lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat menghubungi Asih 085750050755, Mareta 085347606363, serta Bombom 089693312308. (sti)
error: Content is protected !!