Konsultasi Gratis lewat Telemedicine untuk Pasien Isoman

Pasien isolasi mandiri (isoman) sekarang bisa menggunakan jasa kesehatan telemedicine.

KONDISI rumah sakit yang penuh, bahkan memberlakukan sistem waiting list, membuat penderita Covid-19 gejala ringan disarankan untuk isolasi mandiri (isoman) di rumah. Melihat kondisi itu, pemerin tah sigap melakukan inovasi lewat digitalisasi layanan kesehatan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi menggandeng 11 platform untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isoman.

Meskipun isoman, mereka yang tidak bergejala atau bergejala ringan tetap memerlukan konsultasi, ketenangan, perhatian, dan pengobatan yang benar. Dalam layanan teleme dicine, ada konsultasi dan pemberian obat. Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin (5/7). Layanan konsultasi dibiayai 11 platform yang terlibat. Sementara itu, obatnya dibiayai Kemenkes.

Layanan bersifat gratis. Kami bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat secara gratis. Dibantu temanteman telemedicine, start-up, dan Kemenkes,” terang Budi.

Sebelas platform telemedicine itu, antara lain, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, dan Link Sehat. Selain itu, ada Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok. Saat ini, layanan telemedicine tersebut baru bisa diakses di Jakarta. Budi berharap layanan itu secara tidak langsung mengurangi beban rumah sakit. Pasien isoman pun tetap mendapat perawatan dan komunikasi dengan tenaga kesehatan.

Layanan telemedicine memungkinkan dokter untuk mengidentifikasi pasien berdasar hasil konsultasi. Selanjutnya, dilakukan penanganan sesuai kondisi pasien. Platform telemedicine itu juga terintegrasi dengan laboratorium testing PCR. Pasien yang ingin uji PCR bisa berkonsultasi lewat telemedicine tersebut. (sya)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!