Kontes Durian Berhadiah Puluhan Juta

FOTO BERSAMA : Gubernur Kalimantan Barat berfoto bersama usai menerima asistensi dari Distan TPH Kalbar, terkait akan digelarnya Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, pada 24-27 Agustus 2019 mendatang. SITI/PONTIANAK POST

Gubernur Ingin Gelar Dua Kali Setahun

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, mendukung penuh pelaksanaan festival durian yang akan digelar pada 24-27 Agustus 2019 mendatang. Festival yang bertajuk ‘Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019’ ini, digelar dalam rangka memperkenalkan durian unggul asal Kalbar, sekaligus memberikan apresiasi kepada para pemilik pohon yang telah menjaga varietas unggul tersebut.

“Ini adalah salah satu program untuk memperkenalkan durian unggul di Indonesia, yang sebenarnya kebanyakan ada di Kalbar,” ungkap Sutarmidji, di kantornya, Rabu (24/7).

Menurut Midji, sapaan akrabnya, festival durian ini penting digelar, sebagai upaya untuk menjaga varitas durian unggul asal Kalbar yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi itu. Karena itulah, dalam rangkaian acara tersebut, akan digelar kontes durian dengan hadiah puluhan juta rupiah. “Saya maunya hadiahnya besar, agar mereka (pemilik pohon) mau menjaga duriannya, dan tidak ditebang,” kata dia.

Orang nomor satu di Kalbar ini juga menginginkan, agar festival durian dapat digelar sebanyak dua kali dalam satu tahun. Hal itu, sekali lagi ditekankannya, agar durian Kalbar dapat dikenal di kancah nasional, bahkan internasional, dengan harapan nilai ekonominya menjadi lebih tinggi. “Selama ini (durian) diangkut ke negara tetangga. Mereka beli dengan kita Rp20 ribu, di sana harganya barangkali Rp600 ribu,” tutur dia.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar, Heronimus Hero, menyebut, tahun ini merupakan tahun pertama festival durian tingkat provinsi dan merupakan yang terbesar di Kalbar. Dia bilang, hadiah yang diperebutkan, juga tak kalah menarik, terutama untuk kontes durian.

Untuk itulah, ia mengajak pemilik kebun durian di Kalbar supaya berpartisipasi dalam kontes durian pada festival durian kali ini. Masyakarat pun diajaknya untuk turut memeriahkan dengan mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Adapun rencananya, gelaran tersebut, akan diisi dengan berbagai acara, seperti kontes durian, makan durian gratis, bazar buah, bibit, dan hasil olahan durian, pameran hasil kreatif berbahan durian, serta berbagai lomba lainnya.

Selain untuk memperkenalkan potensi durian yang ada di provinsi ini, menurut Hero, ajang ini juga bertujuan untuk menemukan jenis durian baru yang unggul, serta membangun jaringan pemasaran. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memberikan edukasi kepada para petani buah supaya mereka dapat merawat dan melestarikan tanaman durian dengan baik dan benar.

“Kita juga akan memberikan pembelajaran dalam bidang pemasaran durian dengan mempertemukan antara petani, pedagang dan pembuat olahan durian. Bertemunya mereka ini, agar saling bersinergi sehingga nilai ekonomi durian dapat diangkat,” tutur Hero.

Kegiatan ini juga didukung oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar. Ketua PHRI Kalbar, Yuliardi Qamal, mengatakan, pihaknya akan mendukung gelaran yang dapat menggeliatkan sektor pariwisata, dengan harapan dapat mendatangkan tamu-tamu dari luar daerah. “Termasuk Festival durian ini, tentu akan kami dukung,” ucap Yuliardi. (sti)

Read Previous

Parlemen Setujui 12 Raperda

Read Next

Trailer Wu Assassins Dirilis

Tinggalkan Balasan

Most Popular