KPP Pratama Pontianak Barat Gencar Sosialisasikan Aplikasi e-Bupot PPh

SOSIALISASI: Petugas KPP Pratama Pontianak Barat saat menyampaikan materi e-Bupot secara daring. IST

PONTIANAK – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pontianak Barat mengadakan kelas pajak “Penggunaan e-Bupot Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23/26” secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting di ruang konsultasi KPP Pratama Pontianak Barat (Jumat, 24/7).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari sosialisasi sebelumnya yang telah dilakukan sebanyak empat kali, mulai Rabu kemarin dan diikuti oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang terdaftar di KPP Pratama Pontianak Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap Pengusaha Kena Pajak mengenai adanya peningkatan layanan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang dapat mempermudah  wajib pajak serta memberi kenyamanan dan keamanan dalam hal pemenuhan kewajiban perpajakan.

Narasumber yang hadir dalam Kelas Pajak ini ialah Account Representative KPP Pratama Pontianak Barat Amanda Widya Pratiwi dan Windy Purboyo. Para narasumber menyampaikan materi mengenai e-Bupot secara teori, kemudian tim penyuluh KPP Pratama Pontianak Barat menampilkan simulasi penggunaan aplikasi e-Bupot disertai dengan penjelasan dari narasumber.

Metode ini diharapkan dapat membantu  PKP yang hadir untuk lebih mudah dalam memahami aplikasi e-Bupot karena melihat simulasi penggunaannya, tidak secara teori saja.

Selain itu, para narasumber juga menjelaskan perubahan-perubahan apa saja yang akan dialami oleh Wajib Pajak dengan hadirnya aplikasi e-Bupot PPh Pasal 23/26, yang diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak dalam membuat bukti potong dan melakukan pelaporan SPT Masa PPh Pasal 23/26.

Amanda mengatakan, PKP yang masih menggunakan formulir  untuk pembuatan bukti potong PPh Pasal 23/26, mulai Agustus 2020 sudah bisa menggunakan bukti pemotongan elektronik.

“Nantinya untuk memunculkan menu e-Bupot di dashboard djponline yaitu pertama login ke akun djponline, pilih tab menu lapor, pilih pra pelaporan lalu tekan logo e-Bupot,” katanya.

E-Bupot merupakan layanan yang disediakan di laman resmi DJP www.pajak.go.id atau saluran tertentu yang ditetapkan oleh DJP untuk membuat bukti pemotongan PPh Pasal 23/26 serta untuk membuat dan melaporkan SPT Masa PPh Pasal 23/26 dalam bentuk dokumen secara elektronik.

Layanan e-Bupot sudah diimplementasikan sejak 2017 untuk 15 perusahaan yang ditunjuk, lalu 2018 dan 2019 untuk PKP yang terdaftar di KPP tertentu. Kabar baiknya, mulai 1  Agustus 2020 PKP di seluruh Indonesia dapat menggunakan layanan e-Bupot ini.(*)

loading...