KPP Singkawang Jemput Berkas NPWP Baru Instansi

SOSIALISASI: Kegiatan sosialisasi kepada instansi pemerintah dan pengumpulan berkas perubahan data dan aktivasi EFIN. IST

PONTIANAK – Per 1 Juli 2020, seluruh instansi pemerintah baik pusat maupun daerah wajib menggunakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) baru yang telah diterbitkan secara jabatan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Kebijakan ini bertujuan untuk menyederhanakan administrasi dan menghapuskan NPWP ganda bagi instansi pemerintah.

“NPWP baru terdaftar sejak April 2020. Kemudian, pada bulan Juni 2020 kami turun langsung ke lapangan untuk sosialisasi dan mengumpulkan kelengkapan berkas,” kata Nadellia Prismasari Person In Charge (PIC) NPWP instansi pemerintah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Singkawang. (Kamis, 07/02)

Sejak pertengahan Mei 2020, KPP Pratama Singkawang mulai mengimbau instansi pemerintah untuk segera menyampaikan berkas perubahan data dan aktivasi EFIN bagi NPWP baru yang diterbitkan. “Dalam melaksanakan PMK-231 terkait NPWP Instansi Pemerintah ini, pertama, kami menyurati Instansi Pemerintah, kemudian, menghubungi pejabat atau penanggung jawab serta mengonfirmasi penyampaian berkas. Sosialisasi dan pengumpulan berkas adalah langkah akhir kami untuk mempersingkat durasi,” tambah Nadel.

Sosialisasi dilaksanakan di beberapa lokasi dengan menargetkan Instansi Pemerintah Daerah dan Desa. Tim Sosialisasi menyambangi dua kabupaten yang berada di wilayah kerja KPP Pratama Singkawang, yakni Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang. Di Sambas, sosialisasi diadakan di Kantor Kecamatan Tebas, Kantor Kecamatan Sambas, dan Kantor Kecamatan Teluk Keramat. Sementara itu, di Bengkayang sosialisasi diadakan di KP2KP Bengkayang.

Timeline sosialisasi dimulai sejak 25 Juni 2020 sampai 30 Juni 2020. Untuk instansi pemerintah pusat, responnya lebih cepat dan kooperatif. Karena itu, kami hanya mengundang instansi pemerintah daerah dan desa yang dominan belum menyampaikan permohonan dan kelengkapan berkas. Selain itu, pengiriman berkas menggunakan jasa ekspedisi memakan waktu lama dan belum tentu berkas yang dikirimkan sudah lengkap,” jelas Nadel.

Bagi wajib pajak instansi pemerintah yang hingga saat ini belum menyampaikan permohonan maupun kelengkapan berkas dapat langsung menghubungi PIC KPP Pratama Singkawang melalui Whatsapp di nomor 0813-9063-8575. “Kami akan berupaya maksimal membantu instansi pemerintah untuk segera menyelesaikan sesuai prosedur,” tutup Nadel.(*)

 

loading...