KPU Launching Gerakan Klis Serentak Pemilu 2020

LAUNCHING GKS: Sejumlah pejabat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang menghadiri launching GKS, Rabu (15/7). ISTIMEWA

Tahapan yang Lazim, namun Sistemnya Masih Baru

SINTANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang akhirnya merilis Gerakan Klik Serentak (GKS) Pemilu 2020 bertempat di Kantor KPU Sintang, Rabu (15/7). Ketua KPU Sintang, Hazizah menyebutkan bahwa GKS ini merupakan program nasional yang dilakukan serentak di 309 kabupaten atau kota di Indonesia. Program ini, menurut dia, langsung di-launching Ketua KPU RI, Arief Budiman, dan diikuti secara daring di semua kantor KPU terkait.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak atas dukung terhadap KPU pada setiap tahapan pemilu tahun ini,” ujar Hazizah.

Dia menuturkan, proses ini merupakan tahapan yang lazim dalam proses pemilu, hanya saja sistemnya baru pertama kali digunakan. Melalui Gerakan Klik Serentak ini, dimaksudkan dia, mempermudahkan untuk mengetahui apakah masyarakat sudah terdaftar atau belum. “Supaya pada Rabu, 9 Desember 2020 nanti bisa mencoblos. Setelah GKS ini, tanggal 18 Juli nanti ada coklit serentak, data coklit kemudian akan dimuktahirkan dan disinkronkan dengan data pemilih sebelumnya. Jika belum terdaftar bisa daftar langsung di aplikasi atau nanti akan di datangi petugas kami,” terangnya lagi.

Terkait dengan pengamanan selama Pilkada nanti berlangsung, Kapolres Sintang, AKBP John H Ginting memastikan bahwa setiap jajarannya akan bersiaga dalam memulai operasi pengamanan.

“Peran dari pihak keamanan dalam mengantisipasi pelaksanaan Pemilu daerah di Kabupaten Sintang pada masa pandemi Covid-19 ini, kami dari Polres Sintang sudah siap melaksanakan pengamanan untuk setiap tahapan-tahapan pemilu yang akan berlangsung,” ungkap Kapolres.

Operasi pengamangan pemilu ini sandinya, diungkapkan dia, ‘Operasi Mantap Praja, yang akan dimulai pada saat tahapan pendaftaran dan penetapan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sintang.

“Untuk kesiapan personil saat ini kita sudah siapkan termasuk persiapan Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Polda,” tambahnya.

Para peserta kegiatan ini, perwakilan dari partai-partai politik peserta pemilu, ketua PPK se-Kabupaten Sintang, dan pengurus pemilu dari beberapa kecamatan terdekat. Tampak hadir juga Asisten Sekretariat Daerah Bidang Perekonomian dan Pemabnguan, Yustinus; Kaban Kesbangpol Sintang, Budi Harto; Kasdim 1205 Sintang, Mayor Inf. Supriyono; serta sejumlah pejabat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Sintang. (fds)

 

loading...