KPU Sintang Selenggarakan Debat Paslon

Hazizah

SINTANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang akan mengadakan debat publik antarpasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sintang pada Selasa (1/12) malam ini. Debat akan dilangsungkan di Gedung Pancasila Sintang pada pukul 19.00 – 21.00 WIB. Kondisi pandemi Covid-19 membuat debat diselenggarakan dengan dihadiri secara terbatas oleh paslon dan empat tim kampanye, serta anggota KPU dan Bawaslu.

Ketua KPU Kabupaten Sintang, Hazizah, memohon maaf kepada masyarakat Sintang karena pada debat publik tidak bisa menghadirkan undangan dalam jumlah banyak. “Sebab, aturannya tidak boleh ada rombongan,” ujarnya.

Namun masyarakat Sintang yang ingin mengikuti jalannya debat, disarankan dia, juga bisa menyaksikan secara langsung melalui sosial media milik KPU Sintang. “Pihak keamanan kami mohon bantuan untuk bisa mengamankan, agar jangan sampai ada rombongan yang mengantar paslon ke tempat debat,” kata Hazizah.

Guna mengamankan jalannya debat publik tersebut, IPTU Hariyanto mengatakan, Polres Sintang menurunkan 85 personel untuk pengamanan debat ini. Kabag Humas Polres Sintang ini menambahkan, pengamanan akan dilakukan di semua pintu masuk. Termasuk pengaturan lalu lintas,  pengamanan dalam gedung, tim escape, serta tim kesehatan, menjadi bidikan mereka. “Selain dari Giat Pam tersebut nanti disiapkan juga Petugas Tim Satgas Covid-19 Aman Nusa II Covid-19 untuk memberikan Himbauan kepada peserta yg hadir di Gedung Pancasila Sintang. Himbauan terkait protokol kesehatan agar seluruh penyelenggara dan peserta Debat Publik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada,” ujarnya. “Karena dari KPU sudah menetapkan jumlah yang hadir maka diharapkan para Timses Paslon dapat mematuhi aturan tersebut, sehingga debat publik berjalan dengan aman dan lancar serta sehat,” tambahnya.

Sedangkan, Ketua Bawaslu Kabupaten Sintang, Fransiskus Ancis berharap pelaksanaan debat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sintang bisa berjalan dengan lancar dan sukses. “Tetap menjaga kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Semua pihak pasti mempunyai kontribusi dan berpartisipasi untuk suksesnya kegiatan tersebut. Serta jangan ada pengerahan massa, nonton saja dari rumah masing masing,” imbaunya. (ris)

error: Content is protected !!