Kritisi DLH, Bebby Minta Penanganan Sampah Pasar Jangan Setengah-Setengah

PONTIANAK-Anggota DPRD Pontianak, Bebby Nailufa meminta Dinas Lingkungan Hidup
ekstra keras dalam penanganan sampah pasar saat musim penghujan. Dia melihat penanganan sampah di musim hujan belum benar-benar tertangani dengan baik.

“Persoalan penanganan sampah pasar perlu ditangani dengan baik. Contoh sampah Pasar Mawar, saya lihat meluber sampai ke badan jalan. Tentu harus disikapi OPD terkait,” tegas Bebby kepada Pontianak Post, Minggu (6/10) malam.

Dalam penanganan sampah mestinya alat berat yang digunakan untuk mengangkut sampah bukan eksapator. Itu karena tidak sesuai fungsi. Belum lagi penggunaan eksapator banyak memakan bahan bakar. Alangkah praktis jika diganti dengan loader. Selain irit bahan bakar, alat tersebut juga sesuai fungsinya.

Hal-hal seperti ini kata dia perlu perhatian serius. Pemkot Pontianak mesti miliki inovasi dalam upaya penanganan sampah.

Selain menggalakkan bank sampah. Pemilahan sampah organik dan anorganik perlu terus digencarkan sosialisasinya.

Sebagai percontohannya bisa dimulai dari penanganan sampah-sampah pasar. Jika sudah berhasil. Barulah kebiasaan itu diterapkan pada masyarakat. “Untuk sampah buah dan sayuran itukan juga bisa disulap menjadi pupuk. Sekarang tinggal kebiasaan masyarakat mesti dimulai dari sekarang. Persoalan persampahan jika tidak ditangani serius sedari sekarang bakal menggurita,” cetusnya.(iza)

loading...