Kue Bulan Spesial Seribu Lapis

Mid-Autumn Festival atau Mooncake Festival berlangsung sebentar lagi. Namun, tak ada salahnya menyiapkan kreasi mooncake untuk dibagikan kepada keluarga dan rekan-rekan dekat sebagai bentuk harapan atas kehidupan yang panjang dan kebahagiaan.

Mooncake Festival berasal dari tradisi Tiongkok kuno. Mereka meyakini bahwa pergerakan bulan memengaruhi musim dan produksi panen. Karena itu, digelar perayaan sebagai bentuk terima kasih kepada bulan. Tradisi itu berlanjut sampai saat ini. Tidak hanya di Tiongkok, tapi juga oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia.

Salah satu bentuk perayaan tersebut adalah menikmati mooncake. Berbentuk bulat, mooncake melambangkan berkum pulnya keluarga. “Menikmati mooncake dengan teh China di bawah langit dan rembulan adalah momen yang istimewa. Apalagi dengan keluarga,’’ jelas Alex Kuan, executive
Chinese chef Shangri-La Hotel Surabaya.

Selain dinikmati sendiri, mooncake bisa dikirimkan kepada kerabat dan keluarga. Saat ini ada berbagai jenis mooncake. Mulai mooncake tradisional yang berisi pasta biji bunga lotus dan disajikan dengan cara digoreng, hingga modifikasi yang unik. Misalnya, thousand layer mooncake. Menu itu merupakan andalan Alex karena berhasil memenangi penghargaan dalam kompetisi dunia di Belanda.

Mooncake tersebut berbeda. Sesuai namanya, ia memiliki lapisan-lapisan, mirip pastry. Jadi, ketika digigit, ada sedikit sensasi crunchy.

“Saya bawa menu ini khusus untuk Shangri-La Surabaya,’’ ujarnya.

Selain itu, ada baby mooncake. Menu tersebut memang diciptakan untuk dinikmati anak-anak. Isiannya bukan pasta kacang atau biji lotus, melainkan selai cokelat hazelnut yang dipadukan
dengan peanut butter dan cornflakes. Karena rasanya manis dan ringan, plus ukurannya kecil, anak-anak bisa menikmatinya dengan mudah. Teksturnya pun lembut dan super-yummy!

Satu lagi, snow skin mooncake. Kali ini, Alex mengganti isiannya dengan gelato. Salah satu yang paling mantap adalah rasa buah naga. Kulitnya yang lembut dan manis sangat pas dengan isian gelato yang dingin meng gigit.

Menurut Alex, mooncake itu paling sulit dibuat. Sebab, prosesnya harus cepat agar gelato tidak keburu meleleh. “Lapisan kulitnya pun tidak boleh tebal. Harus pas,’’ ungkapnya. (*/adn/c18/nda/JP)

Read Previous

Jaksa Geledah RS Sintang

Read Next

Marvel Cinematic Universe tanpa Spider-Man

Most Popular