Kunjungan Menurun, Mall Upayakan Keamanan Pengunjung

Ayani Mega Mall Pontianak

PONTIANAK – Pengunjung di sejumlah mall di Kota Pontianak terlihat sepi. Penurunan jumlah pengunjung pusat perbelanjaan tersebut menurun sejak diumumkannya warga Pontianak yang terkonfirmasi positif mengidap covid-19. Manajemen mall pun berupaya melakukan “branding” agar mall tetap menjadi tempat yang aman.

“Sejak hari Minggu pengunjung kami berkurang. Sekitar 30 persen,” ungkap Manager HRD dan GA Ayani Mega Mall, Gigih Tri Saksono, Jumat (20/3).

Pihaknya memaklumi kondisi tersebut. Menurutnya dunia usaha harus mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi potensi tersebarnya virus corona, khususnya di Kalimantan Barat. Ayani Megamall sendiri telah mengubah jam operasional sejak 19 Maret lalu, yang mana pada Senin sampai Kamis, waktu berkunjung 11.00-20.00, serta Jumat sampai Minggu pukul 11.00-21.00 WIB.

“Setidaknya dengan upaya ini dapat meminimalisir potensi sebaran virus corona,” kata dia.

Bagaimana pun, lanjut dia, dunia usaha harus beroperasi di tengah sentimen wabah virus corona yang telah menjadi pandemi global. Apalagi masyarakat juga perlu untuk memenuhi kebutuhannya. Karena itu, untuk memberikan rasa aman, pihaknya juga menerapkan prosedur tertentu dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona. Mulai dari membersihkan titik-titik yang berpotensi untuk disentuh oleh pengunjung dengan cairan disinfektan secara berkala, pemeriksaan suhu setiap pengunjung yang akan masuk ke mall, hingga menyediakan handsanitizer bagi para pengunjung.

“Intinya kami ingin memastikan bahwa mall ini bukan tempat yang berbahaya,” kata dia.

Penurunan jumlah kunjungan juga terjadi pada Transmart Pontianak. Dwi Hendri, selaku GM Store Transmart Pontianak menyebut, pengunjung mall yang berlokasi di Kubu raya itu turun sekitar 30 persen.

“Secara umum memang tingkat kunjungan kami mengalami penurunan. Meskipun kemarin ada kelihatan ada lonjakan jumlah pengunjung yang berbelanja kebutuhan pokok,” kata dia.

Transmart Pontianak, tambah dia, sejauh ini masih beroperasi secara normal, yakni dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Pihaknya juga berupaya mencegah meluasnya wabah virus corona, dengan menetapkan standar keamanan guna memberikan rasa aman bagi para pengunjung. Pihaknya membersihkan dengan antiseptik secara periodik sejumlah tempat yang berpotensi disentuh oleh para pengunjung. Pihaknya juga memastikan para pegawainya dalam keadaan sehat.

“Para pegawai kami sebelum bekerja diperiksa dulu suhu tubuhnya. Kalau di atas 37 derajat, maka kami persilakan mereka pulang untuk isitirahat,” pungkas dia. (sti)

error: Content is protected !!