Kunjungi PLBN Aruk, Cek Kesiapan Personil

KUNJUNAGAN: Kasum TNI saat meninjalu ke PLBN Aruk Sajingan, gambar lain, bersama Bupati Sambas secara simbolis serahkan bingkisan ke tokoh masyarakat di Posko Pamtas. ISTIMEWA

Kasum TNI Pantau Jalur Tikus

SAMBAS – Kasum TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto  kunjungi perbatasan Indonesia – Malaysia di Kabupaten Sambas dan Bengkayang Kalimantan Barat, Rabu (16/9).

Kasum TNI bersama rombongan yang diantaranya Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI M Nur Rahmad, Danrem 121 ABW Brigjen Roni SAP, disambut Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, Ketua DPRD Sambas, H Abu Bakar Spdi, KPN Sambas, Wakapolres Sambas, Dandim 1208 Sambas, Danyon 645 Gardatama Yudha, Kepala PLBN Aruk, Parwoto.

Setelah mendarat di Helipad Polsek Sajingan Besar, rombongan memantau Jalur Tikus di Desa Kumba Semuning Kecamatan Jagoi Babang.

Berikutnya di Pos Barjongkong yang dirangkai dengan pemberian bingkisan kepada personil Satgas Pos Bejongkong.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk. Di pos perbatasan tersebut, rombongan disambut dengan tarian tradisional serta pengalungan selendang bermotif Sambas.

Kasum TNI, melanjutkan untuk memantau kondisi didalam PLBN Aruk, sambil berbincang-bincang perlintasan barang dan TKI di PLBN Aruk.

Dengan berjalan kaki, usai di PLBN Aruk melanjutkan ke ke Pos Koki Sajingan untuk meninjau dan menyaksikan video singkat Pos Gabma, pemberian bingkisan kepada personil Satgas Pos Koki Sajingan dan sejumlah tokoh masyarakat dilanjutkan dengan salat berjamaah di musholla Pos Koki Sajingan kemudian rombongan menuju Wisma Aruk. Setelah itu terbang kembali ke Jakarta

Kasum TNI mengatakan kegiatan yang dilaksanakan bersama pihak terkait ini, dalam upaya melihat secara langsung kondisi diperbatasan, sebagai bagian  meyakinkan bahwa semua tugas yang dilaksanakan berjalan dengan baik.

“Setelah melihat secara langsung, jika menemukan kendala nantinya akan diperbaiki bersama-sama dengan pihak terkait lainnya,” kata Letjen TNI Toni, kepada wartawan saat diwawancarai usai kegiatan.

Diharapkan dengan kerja sama semua pihak seperti ini. Pelayanan dan pengamanan terhadap kegiatan kegiatan ilegal bisa ditekan.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH memastikan kehadiran Kasum TNI, seluruh personil terkait dengan penjagaan diperbatasan Kalbar, khususnya Sambas berjalan dengan baik. “Memang tak ada persoalan serius, hanya ada titik bergeser sedikit sekitar tujuh meter. Ini menjadi perhatian Kasum TNI. Ini akan dikomunikasi dan dikoordinasikan dengan pihak terkait,” kata Atbah.

Kemudian, kehadiran Kasum TNI, memastikan kegiatan pengamanan wilayah perbatasan, dijalankan dengan baik seluruh jajaran terkit. “Mudah-mudahan kehadiran beliau memantapkan penjagaan untuk anitisipasi hal ilegal, kami di Pemkab siap berkomunikasi, koordinasi dan memberikan fasilitas untuk mendukung menjaga perbatasan,” kata Bupati Sambas.(fah)

error: Content is protected !!