Lagi, Truk Bermuatan Sembako Terguling

Kerusakan Jalan Sebabkan Laka Tunggal

SUKADANA – Untuk kesekian kalinya truk bermutan sembako terguling di Dusun Semanai, Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana, Selasa (7/7). Truk tersebut terguling persis di ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, di mana ruas jalan tersebut memiliki itensitas lalu lintas yang cukup tinggi.

Selain di Dusun Semanai, kerusakan jalan yang cukup parah juga terdapat di Kecamatan Simpang Hilir, termasuk Kecamatan Teluk Batang. Saat akan melintasi jalur tersebut, sejumlah pengendara harus ekstra hati-hati.

Sebelumnya, Dinas PUPR dan DPRD Provinsi Kalbar, melakukan kunjungan ke Kayong Utara. Mereka melihat secara langsung lokasi kerusakan yang selama ini menjadi keluhan bagi pengendara.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalbar Yohanes Rumpak, saat meninjau lokasi kerusakan jalan beberapa waktu lalu, menjelaskan, ruas jalan ini sudah ada pengangagarannya. Namun ketika itu juga dia mengakui lantaran musibah Covid-19 yang melanda Kalbar, sehingga anggaran tersebut ikut dipangkas. “Kita berkomitmen akan terus menganggarkan ruas jalan ini. Kalau tahun ini dipangkas, tahun depan akan kita anggarkan ulang,” janjinya.

Ia juga menjelaskan bahwa anggaran jalan ini sebelumnya dengan nilai Rp7 miliar, karena pemangkasan tersebut, sehingga tersisa Rp2,6 miliar. “Anggaran tahun ini untuk membantu fungsionalnya saja, tahun depan akan kita anggarkan lagi,” urainya.

Sukri, pelaksanatugas Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalbar membenarkan kalau anggaran perbaikan jalan ini hanya tersisa Rp2,6 miliar saja, karena telah dipotong untuk anggaran penangulangan Covid-19.

“Salah satu penyebab rusaknya jalan ini adalah usia jalan yang sudah tua, ditambah over muatan kendaraan ekspedisi yang melebihi tonase,” katanya saat mendampingi DPRD Provinsi Kalbar melihat ruas jalan yang rusak beberapa waktu lalu.

Kemampuan ruas jalan Teluk Batang – Siduk, diakuinya sekitar 8 ton. Sementara angkutan barang yang melewatinya, disayangkan dia, banyak yang melebihi kapasitas kemampuan tersebut. “(Dinas) PU Provinsi akan segera melakukan  perbaikan jalan ini dengan membetulkan spot dan titik jalan yang rusak,” janjinya.

Sementara itu, salah satu warga Andi berharap pemerintah dapat mengambil tindakan untuk sementara waktu,  sembari menunggu adanya perbaikan berdasarkan anggaran yang ada dilakukan oleh pihak terkait.

“Kalau tidak untuk sementara ditimbun batu dulu untuk dapat lewat.  Kasihan sudah banyak truk yang terguling. Semoga ini menjadi perhatian yang berwenang,” tutupnya. (dan)

loading...