Lagi, Truk Bermuatan Terguling di Jalan Provinsi

TERGULING: Kondisi truk terguling, sehingga membuat kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut harus ekstra hati-hati. ISTIMEWA

Pemkab Terus Berkoordinasi dengan Pemprov

SUKADANA – Lagi-lagi truk bermuatan sembako terguling di Jalan Raya Dusun Siduk, Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana, Rabu (19/5). Akses menuju Kabupaten Ketapang tersebut jika diterpa hujan langsung berubah menjadi lumpur, sehingga membuat jalan menjadi licin.

Bupati Kayong Utara Citra Duani menjelaskan, untuk jalur tersebut merupakan wewenang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar di mana saat ini sedang dalam proses lelang. Dijelasakan Citra, untuk jalan dari Teluk Batang sampai ke Dusun Siduk sepanjang 73 kilometer merupakan wewenang Pemprov.

Dikatakan Citra, selama 2 tahun ini juga sudah ada dilakukan perbaikan dan pelebaran jalan sepanjang 6 kilometer. Jika dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu, diakui dia, tidak pernah dilakukan sama sekali.

“Peningkatan jalan ini berdampak pada kelancaran arus lalu lintas. Namun Pemerintah Provinsi akan melakukan secara bertahap. Untuk saat ini memang ada beberapa yang rusak, dari Kota Sukadana, menuju Dusun Siduk, Desa Simpang Tiga,” jelas mantan pejabat fungsional di Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalbar tersebut, Selasa (19/5) di Sukadana.

Mengenai jalan, lanjut Citra, pemerintahannya bersama Pemprov, sedang dalam proses untuk anggaran pemeliharaan jalan di Kayong Utara.  Melalui dana pemeliharaan itulah, mereka akan menutupi kerusakan jalan tersebut.

“Kemarin pihak perusahaan yang diminta untuk membantu memperbaiki jalan tersebut agar ditimbun dengan tanah, sebelum alat berat datang, hujan pun turun dan becek,” jelasnya.

Citra berpesan kepada para pengguna jalan, baik kepada masyarakat Kayong Utara dan Ketapang, agar dapat bersabar untuk memberikan waktu kepada pemerintah untuk terus berkooridinasi bersama Pemprov. “Kerusakan ini sangat fatal, diharapakan dapat segera teratasi. Karena ini menjadi tanggung jawab Provinsi,” tegasnya.

Selain itu, dikatakan Citra, Pemprov juga telah mengerjakan ruas jalan menuju Perawas. Harapan dia, pada tahun depan pengerjaan tersebut dapat kembali dilanjutkan. “Mudah-mudahan saja, semua jalan yang ada di Kayong Utara dapat diperbaiki,” tutupnya. (dan)

Read Previous

Segera Berdiri Kodim di Kayong Utara

Read Next

Pasokan Sembako Dipastikan Cukup selama Ramadan