Landak Buka Pariwisata, Wisatawan Diminta Perhatikan Protokol Kesehatan

ASRI: Pemandangan Air Terjun Melancar di Dusun Baban, Desa Kampet Kecamatan Menyuke.ISTIMEWA

NGABANG – Pariwisata Kabupaten Landak siap menyambut New Normal atau tatanan baru kehidupan setelah pandemi Covid-19. Pemerintah Kabupaten Landak kembali memperbolehkan objek wisata untuk beroperasi sejak mulai Rabu (1/7).

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Landak pun sudah mengeluarkan surat edaran mengenai panduan protokol kesehatan di objek wisata selama masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal.

Kepala Disporapar Landak, Yosef mengatakan, ada persiapan pariwisata mulai dari fisik maupun non fisik.

“Fisik itu berkaitan dengan kebersihan, kesehatan dan keamanan. Antara lain, fasilitas cuci tangan, kebersihan, tempat sampah dan sebagainya di semua destinasi,” kata Yosef di Ngabang, Jumat (3/7).

Ia menjelaskan, seluruh pengelola kawasan objek wisata dan pengelola usaha pariwisata diminta untuk melakukan pembesihan dan penyemprotan disinfektan ke fasilitias wisata secara berkala. Juga mengatur jarak antar pengunjung dan memastikan tak ada kerumuman.

Para petugas juga diminta untuk memakai sarung tangan masker serta pelindung wajah selama melayani pengunjung.

“Para pengelola wisata juga diminta untuk melakukan sosialisasi protokol kunjungan pariwisata kepada para wisatawan melalui media sosial, poster, spanduk dan media lainnya,” katanya.

Yosef mengharapkan para pengelola objek wisata dan pengunjung, khususnya di wilayah Kabupaten Landak dalam rangka persiapan New Normal. Diharapkan pengelola objek wisata yang akan membuka objek wisata serta pengunjung objek wisata dapat mengikuti aturan yang telah ditentukan oleh pemerintah. (mif)

loading...