Landak Dapatkan 907 Formasi CPNS

NGABANG – Setelah lama ditunggu, akhirnya Pemkab Landak merilis pengumuman pendaftaran CPNS 2021. Selain CPNS, Pemkab Landak juga menerima pendaftaran  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) pada tahun 2021.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Landak, Marsianus menjelaskan pada tahun ini Pemkab Landak mendapatkan 907 formasi. Di antaranya 341 PPPK dan CPNS sebanyak 566 formasi. “Dari 341 PPPK, 325 merupakan guru dan 16 formasi tenaga teknis,” jelas Marsianus di ruang kerjanya, Kamis (1/7).

Ia menjabarkan, dari 325 formasi guru PPPK, sebanyak 222 adalah guru agama. Sedangkan sisanya 103 formasi merupakan guru kelas dan bidang studi. Dari 222 guru agama tersebut, 38 di antaranya merupakan guru agama Islam, 96 agama Katolik dan 88 agama Kristen.

“Formasi guru agama ini cukup sensitif. Ingin kita sampaikan bahwa formasi guru ditentukan oleh pemerintah pusat. Begitu juga dengan pengumuman prosedur teknis pelaksanaan penerimaan guru. Semuanya diambil alih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tugas kami, khusus untuk guru hanya mengumumkan jumlah formasinya.” Jelas Marsianus.

Selanjutnya, Marsianus menjelaskan juga terdapat formasi tenaga kesehatan sebanyak 375 formasi. Begitu pula tenaga teknis yang berjumlah 191 formasi. Terakhir, formasi tenaga teknis berstatus PPPK, yakni penyuluh pertanian, ahli pengadaan barang dan jasa serta asip. “Masyarakat dipersilahkan mendaftar mulai 1-21 Juli mendatang,” katanya.

Marsianus melanjutkan, pihaknya sudah menyebarluaskan informasi melalui website dan media sosial Pemkab Landak. Masyarakat dapat mengakses pranala https://bit.ly/CASN-LDK-2021 untuk melihat jumlah formasi, syarat, tata cara, dan masa waktu pendaftaran.

“Pengumuman ini sudah kita sosialisasikan melalui media sosial dan website serta perseorangan untuk membantu kita menyebarkan informasi ini. Saya kira otomatis akan tersebar dan melihat. Apalagi semua anak muda sudah melek dengan media sosial,” katanya.

Ia mengatakan, pada awalnya Pemkab Landak mengajukan sebanyak 3371 formasi pada September 2020. Di antaranya 2295 guru dan 1436 tenaga teknis. Akan tetapi formasi yang didapat dari pemerintah pusat hanya berjumlah 907 untuk tahun 2021.

“Harapan kami tentunya masyarakat dapat banyak yang diterima, memenuhi passing grade yang ditentukan. Kami punya harapan dan kepentingan bahwa formasi ini terpenuhi semuanya, jadi jangan ada formasi yang kosong,” kata Marsianus.

Marsianus mengatakan, Bupati Landak telah berpesan agar para pelamar tidak tergiur tawaran berbagai pihak agar dapat diterima. Bupati sudah mengingatkan dalam berbagai kesempatan agar pada penerimaan CPNS dan PPPK ini tidak ada satu orang pun yang bisa menolong seorang pelamar agar bisa diterima, kecuali karena diri mereka sendiri melalui seleksi.

“Karena penerimaan CPNS ini melalui aplikasi dengan sistem online. Jadi tidak bisa menambah atau mengurangi nilai orang untuk diluluskan,” tutupnya. (mif)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!