Lapor Pajak melalui E-Filling itu Mudah 

e-filling
LAPOR SPT: Petugas menunjukkan cara pelaporan pajak melalui E-Filling.

SEKADAU – Roza Lailis Sa’adah adalah seorang guru sekolah dasar di Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat. Ia datang ke KP2KP Sekadau untuk konsultasi mengenai kewajiban perpajakan tentang pelaporan SPT Tahunan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Rabu (4/9).

Roza mengatakan dirinya sudah pernah datang ke KP2KP Sekadau bulan lalu. Saat itu ia tidak membawa bukti potong PPh Pasal 21 1721 A2 sehingga pelaporan tidak dapat diselesaikan. “Saya dan beberapa guru lainnya merasa tidak mendapatkan dokumen maupun soft file bukti potong A2 melalui e-mail hingga hari ini. Namun sebagian sekolah ada yang mendapatkannya berupa soft file,” ujarnya.

Roza mengira penghasilannya yang sudah dipotong pajak oleh bendahara otomatis sudah terlapor. “Saya juga mengabaikan kewajiban itu karena alasan kondisi sinyal di pedesaan dan jauh untuk langsung ke kantor pajak,” katanya.

Ia mengurus pelaporan SPT Tahunan ke KP2KP Sekadau karena menerima SMS tentang kewajiban pelaporan SPT. “Saya merasa sudah melaporkan namun tidak tahu buktinya dan bahkan teman-teman saya mendapatkan pesan elektronik dari kantor pajak untuk melaporkan SPT Tahunan sehingga saya datang ke sini untuk konsultasi,” tambahnya.

Setelah dibimbing oleh petugas KP2KP Sekadau, Reda Kurnia Amanda, Roza mengatakan kalau pelaporan SPT Tahunan secara online melalui e-filling mudah dipelajari. Ia bercerita kalau sudah mengaktivasi Efin sejak 2016 dan pernah melaporkan sendiri SPT Tahunan 2015. Ia melaporkan penghasilannya dengan menghitung sendiri karena tidak memiliki bukti potong A2.

Roza berharap bukti potong A2 dapat diberikan langsung ke semua sekolah Sekadau setiap tahunnya agar setiap guru mendapatkan bukti potong A2-nya dan melaporkan SPT-nya masing-masing. “Saya mendapatkan bukti potong A2 saya terakhir pada tahun 2013,” tambah Roza.

Tak hanya itu, Roza juga berharap agar setiap guru sadar bahwa pelaporan pajak merupakan kewajiban masing-masing individu yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan mengetahui cara pelaporan SPT Tahunan tersebut. *

loading...