Latih Bhabinkamtibmas Jadi Tracer dan Vaksinator

ISTIMEWA LATIH: Bhabinkamtibmas Polres Landak mengikuti pelatihan tracer dan vaksinator Covid-19, Kamis (25/2).

SEBANYAK 51 Bhabinkamtibmas dari jajaran Polres Landak mengikuti pelatihan Tracer dan Vaksinator Covid-19 di Aula BKPM Polres Landak, Kamis (25/2).

Kasat Binmas Polres Landak Iptu Ra’in mengatakan, pelatihan ini dibuat sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan pelacakan kontak erat (tracer), sekaligus menambah pengetahuan dan kesamaan persepsi dalam melaksanakan tugas, khususnya melacak dan mengidentifikasi orang yang terkonfirmasi terdampak Covid-19.

Ia mengatakan pelaksanakan Pelatihan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan sebagai Tracer dan Vaksinator Covid-19 yang bertujuan membantu para tenaga kesehatan di masing-masing desa dalam melacak kontak erat pasien Covid-19. “Dengan pelatihan ini, diharapkan meningkatkan kemampuan para Bhabin melacak kontak erat pasien Covid-19 di desa binaan nya masing-masing,” ucapnya.

Paling tidak, para Bhabinkamtibmas memahami apa yang semestinya dilakukan dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19, sehingga memungkinkan situasi pulih seperti semula dan ekonomi bangkit kembali.

“Guna lebih memantapkan kemampuan para Bhabin melacak kontak erat pasien Covid-19, Polres Landak menghadirkan Nara sumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Landak,” tambah Ra’in.

Sementara itu, Kepala Seksi Imunisasi dan Kesehatan Masyarakat Dinkes Landak Esti Rahayu mengatakan Kementerian Kesehatan terus menggencarkan pelatihan tracing atau pelacakan kepada para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Ia menjelaskan bahwa dalam melacak pasien yang terkontaminasi Covid-19 harus benar-benar Protokol kesehatan. “Saat kita mendapat informasi ada nya warga yg terkontaminasi Covid-19 kita harus betul-betul Protokol kesehatan jangan kita pun ikut tertular virus Covid-19,” jelas Esti. (mif)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!