Latih Kemandirian, Ciptakan Lapangan Usaha

WIRAUSAHA : Anggota GenBI Panen sawi yang ditaman dengan cara hidroponik. ISTIMEWA

Generasi Baru Indonesia Kalbar

Dibentuk tahun 2011, berbagai kiprah yang dilakukan GenBI Kalbar. Mulai dari dunia usaha kemandirian, pendidikan, kesehatan, hingga lingkungan. GenBI Kalbar terpilih sebagai salah satu GenBI Terbaik se-Indonesia  tahun 2015-2018. Bagaimana Kiprahnya?

MARSITA RIANDINI, Pontianak

GENERASI Baru Indonesia atau GenBI ialah sebuah komunitas yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa terpilih dari beragam latar disiplin ilmu dan keahlian. Diharapkan mereka dapat menjadi energi baru yang mampu memberikan kontribusi bagi negara. Anggotanya berasal  dari berbagai universitas pada sebuah wilayah terpilih sebagai penerima beasiswa. Di Kalbar, GenBi terdiri dari mahasiswa Untan dan IAIN Pontianak.

Bisa mewujudkan sebuah bisnis yang produktif, juga memberikan kesempatan membuka lapangan kerja baru menjadi impian banyak orang. Anggota GenBI Kalbar juga mendapatkan pembekalan untuk menjadi wirausahawan muda.

Aditya, salah satu Anggota GenBI menjelaskan, anggota dilatih dan dibagi menjadi beberapa kelompok wirausaha. Diharapkan kelompok ini dapat menciptakan kemandirian dalam ekonomi.  Kelebihan yang bisa didapat dari kegiataan pembinaan wirausaha yaitu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dan mengasah potensi diri.

”Kami mengembangkan budidaya ikan lele, dan hidroponik. Alhamdulillah sudah terlihat hasilnya,” kata dia.

GenBI juga memiliki program GP4k (Gerakan Peduli Perbatasan, Pedalaman, Pedesaan dan Kepulauan). Bertujuan membantu pendidikan di daerah-daerah tertinggal dan kurang diperhatikan.

Mayuni, anggota lainnya mengatakan tahun 2019 GP4K dilaksanakan di Desa Kubu Padi, Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya. Dari kegiatan ini, anggota GenBI memperbaiki sarana pendidikan yang rusak di MIS Tarbiyatussibyan 2 Desa Kubu Padi.

“Mulai dari pengecatan dinding, membuat tong sampah utama hingga menanam pohon-pohon di perkarangan sekolah. Pada kegiatan ini  GenBI juga melakukan pembuatan plang nama, pembuatan atau penataan perpustakaan mini, dan menyumbangkan beberapa buku bacaan,” jelasnya.

Read Previous

Trofi Kesepuluh dari Zizou

Read Next

Tanam dan Wariskan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *