Lawan Corona, Relawan Disinfektan Masjid dan Fasilitas Umum

DISINFEKTAN : Pemadam Kebakaran Swadesi Borneo, saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Surau Darul Muttaqin, Jalan Gusti Hamzah Gg Nur 2 dalam, Senin (16/3). Penyemprotan ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus Corona. SITI/PONTIANAK POST

PONTIANAK – Sejumlah relawan yang tergabung dalam Gerakan Cegah Virus Covid-19 melakukan penyemprotan cairan disinfektan guna mencegah penyebaran virus Corona di Kota Pontianak. Relawan yang terdiri dari sejumlah pemadaman kebakaran hingga lembaga zakat itu, akan melakukan penyemprotan di fasilitas umum hingga rumah ibadah.

“Kami dari Gerakan Cegah Virus Covid-19 siap melayani penyemprotan disinfektan untuk fasilitas umum, maupun masjid-masjid,” ungkap Deri, relawan dari Pemadam Kebakaran Swadesi Borneo, usai melakukan penyemprotan di Surau Darul Muttaqin, Jalan Gusti Hamzah Gg Nur 2 dalam, Senin (16/3).

Gerakan ini, jelas dia, merupakan inisiatif dari sejumlah lembaga zakat,  serta pemadam kebakaran swasta, dan telah mendapatkan lampu hijau dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak. Ini merupakan upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona, mengingat virus tersebut sudah ditetapkan sebagai pandemi global. Pihaknya memfokuskan ke fasiltas umum dan rumah ibadah karena lokasi tersebut memiliki tingkat arus pengunjung yang banyak.

“Kami sudah melakukan di beberapa masjid,” kata dia.

Cairan disenfektan ini diyakini ampuh untuk mematikan virus, termasuk virus corona. Cairan ini, dikatakan dia, terdiri dari antiseptik yang dicampur air.

Pihaknya sangat terbuka dengan masyarakat yang ingin masjid di lingkungan mereka diberikan cairan disinfektan ini. “Sementara layanan ini tidak berbayar,” pungkas dia.

Pengurus Surau Darul Muttaqin, M Djumadil Hakim mengapresiasi bantuan penyemprotan disinfektan yang dilakukan di surau tersebut. Menurutnya, langkah itu menjadi bagian dari ikhtiar untuk mencegah penularan virus corona, terutama bagi masyarakat di daerah itu.

“Dalam menyikapi mewabahnya virus corona, kita selain berdoa, disyariatkan pula untuk berikhtiar. Menggunakan masker, mencuci tangan, termasuklah penyemprotan cairan disinfektan di rumah ibadah seperti ini, merupakan langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk menjaga diri dari virus corona” kata dia.

Menurutnya, banyak warga sekitar yang melaksanakan ibadah solat lima waktu di sana. Sementara mewabahnya virus corona, menyusul terdapat salah satu orang warga Pontianak yang telah dinyatakan positif, dinilainya semakin membuah warga khawatir akan terpapar virus yang membahayakan tersebut. Karena itulah, langkah-langkah pencegahan harus dilakukan, supaya warga merasa aman untuk beraktivitas, di samping terus berupaya menjaga kebersihan diri. (sti)

error: Content is protected !!