Layanan BPN Menuju Digitalisasi

PONTIANAK-Kepala Kantor Wilayah BPN Kalimantan Barat, Ery Suwondo menarget di 2020 kinerja BPN diseluruh kantor wilayah yang ada di Kalbar mesti lebih meningkat dibanding 2019 lalu. Selain peningkatan diberbagai bidang pertanahan, ia ingin pelayanan di BPN mulai menuju digitalisasi.

“Diadakannya rapat kerja daerah wilayah BPN Kalbar ini sekaligus mematangkan progam yang akan dijalankan di 2020. Apa yang dilaksanakan juga sebagai tindak lanjut dari hasil rakernas Kementerian ATR/BPN pusat,” kata Ery Suwondo usai membuka Rapat Kerja Daerah di lingkup Kementerian ATR BPN Kalimantan Barat, Rabu (5/2).

Rapat bersama ini sekaligus menyamakan persepsi agar semua kegiatan pertanahan baik di level provinsi kota dan kabupaten di Kalbar bisa berjalan baik.

Pada kesempatan itu, diapun menarget pelayanan pertanahan di 2020 bisa lebih baik dibanding 2019. Dimana di tahun lalu, rentetan penghargaan telah diraih kantor pertanahan Kalbar. Di 2020 ia ingin kegiatan pertanahan seperti pelayanan PTSL, retribusi tanah sampai penyelesaian sengketa tanah dapat diselesaikan semua.

Kemudian, kantor pertanahan di 14 Kabupaten Kota diminta dia harus menuju moderen. Sekarang, beberapa pelayanan di kantor pertanahan dilihat sudah menuju ke sana. “Contoh kecilnya absensi pegawai sudah menggunakan barcode,” katanya.

Ke depan secara bertahap, pelayanan serba digital bakal dilakukan kantor BPN Kalbar dan di 14 Kabupaten Kota. “Kami siap laksanakan itu. Saat ini kami sudah mulai mengurangi layanan bersifat manual,” tutupnya.(iza)

loading...