Perngabong Wadah Silaturahmi dan Cetuskan Ide-ide Kreatif
Lebih Dari Sekedar Klub Sepakbola

Dok PERNGABONG FUN FOOTBALL : Persatuan Ngab-Ngab Baong (PERNGABONG) klub sepakbola asal Pontianak, merupakan wadah silaturahmi bagi para pelaku UMKM dan pegiat industri kreatif di Kota Pontianak.

Teks : FUN FOOTBALL – Persatuan Ngab-Ngab Baong (PERNGABONG) klub sepakbola asal Pontianak, merupakan wadah silaturahmi bagi para pelaku UMKM dan pegiat industri kreatif di Kota Pontianak. Dok PERNGABONG

*

GELIAT untuk bermain sepak bola di Pontianak sedang tinggi-tingginya. Hampir seluruh lapangan yang di sewa selalu full. Banyak klub terbentuk dari berbagai latarbelakang yang berbeda-beda.

Berawal dari keinginan bermain sepakbola untuk bersenang-senang, Persatuan Ngab-Ngab Baong (PERNGABONG). Mengambil istilah seseorang yang sangat letih dalam bahasa melayu. Perngabong hadir untuk menjadi wadah penggiat UMKM dan industri kreatif di Kota Pontianak.

Mengedepankan kebersamaan, terlihat dari jersey home dan away Perngabong yang diisi total 49 sponsor UMKM dan band di Pontianak. Memiliki liga internal sendiri di tiap pekannya. Hingga saat ini, member Perngabong sudah menembus 101 member.

“Sebenarnya ini bentukan dari kawan-kawan industri kreatif di Pontianak. Setelahnya juga masuk kawan-kawan yang punya UMKM. Awalnya dibentuk tim untuk suka-suka untuk main bola di setiap akhir pekan,”kata Arbian, selaku Management Perngabong.

“Terus dari situ, muncullah ide kenapa tidak buat liga saja untuk internal tim. Dibentuklah empat tim yang mana setiap minggunya bergulir, biar tetap fun namun juga ada jiwa kompetisinya,”ucapnya.

Ia mengungkapkan, dari kompetisi yang dibuat, ternyata semangat anggota member sangat tinggi. Untuk itu, setelah ini akan ada liga internal lagi yang akan diselenggarakan.

“Melihat hasil liga pertama ini yang menang tim Lala. Selanjutnya akan ada liga lagi dengan nama khas ikon Kota Pontianak,”ucap Bian.

Kedepannya, Perngabong ingin membuat pembinaan sepakbola di Kota Pontianak, “Bentuknya nanti akan kita publish, saat ini sedang kami rancang, dan ini untuk eksternal,”tandasnya.

Ditempat yang sama, salah satu member Perngabong, Haryadi Zuriansyah mengungkapkan, Perngabong merupakan langkah yang bagus untuk menjalin silaturahmi dan menyalurkan hobi, serta memunculkan ide-ide besar.

“Diskusi terakhir kita ingin melakukan pembinaan sepakbola di Kota Pontianak. Siapa tahu Perngabong bisa menjadi wajah baru persepakbolaan di Kalimantan Barat,”ucapnya.

Dimana saat ini geliat persepakbolaan di Indonesia tidak terintegrasi membawa nama kabupaten/kota lagi. Sudah bertransisi menjadi klub profesional, namun tidak menepikan homegrown, akan tetapi tidak lagi menggunakan perserikatan.

“Tidak menutup kemungkinan Perngabong yang tidak terafiliasi nama kabupaten/kota, namun masih khas di Kalbar,”terangnya.

“Biasanya yang diawali dengan senang-senang itu lebih menggairahkan, dari pada serius,”lanjutnya.

Ia melihat geliat sepakbola di Kota Pontianak saat ini sedang tinggi, terbukti penuhnya penyewaan lapangan sepakbola. “Itu artinya antusiasme masyarakat tinggi, siapa tahu dari situ kita bisa membangun sepakbola,”tandasnya. (var)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!