Light Side Or Dark Side?

Pilih Waktu Belajar Saat Siang atau Malam Hari

PENGGEMAR Star Wars pasti sudah nggak asing sama istilah Dark Side and Light Side. Istilah ini menggambarkan dua sisi yang saling berseberangan dari film Star Wars. Walaupun saganya udah berakhir di Star Wars: The Rise Of Skywalker yang menjadi salah satu film epik penutup tahun 2019, namun euforianya masih membekas. Now, we want to know wich side are you, light or dark? Eits, bukan tentang mana yang hatinya baik dan jahat ya tapi light and dark di sini menjadi penggambaran waktu belajar kamu. Sebagai seorang pelajar, saat mengerjakan tugas kamu lebih nyaman di siang (light side) atau malam hari (dark side)? (elv)

LIGHT SIDE TEAM

Sella Anggraini (@sellaanggrr)
Universitas Muhammadiyah Pontianak

Biar Nggak Malas

“Kalau ngerjain tugas malam biasanya aku suka ngantuk dan kadang capek dan mau istirahat aja bawaannya. Biasanya kalau malam itu kadang-kadang pergi dan pulang larut malam, pasti udah malas untuk belajar. Nah, kalau ngerjain tugas siang hari itu aku selalu cari tempat sepi, entah di kamar mungkin sambil dengar lagu biar semangat dan nggak ngantuk walaupun baru pulang kuliah. Pernah nyoba nugas malam tetapi ngumpulin niatnya susah juga walaupun emang lebih tenang dan godaan ngantuknya lebih besar.”

Syafiq Akmal Safaraz (@syafiqsyafaraz)
SMAN 4 Pontianak

Masih Ingat Pelajaran Waktu Pagi

“Waktu siang hari itu pas pulang sekolah adalah waktu yang tepat buat nugas kalau emang ada. Selain karena masih ingat sama pelajarannya jadi lebih gampang jawab soalnya dan jadi ngerasa sekali capek aja dari pulang sekolah langsung, malam bisa santai dan rehat lebih lama. Biasanya pas pulang sekolah ngerjain tugas sambil makan siang dan dengar lagu, aku pernah beberapa kali ngerjain tugas malam hari karena kelupaan tapi ujung-ujungnya malah nggak selesai dan dilanjutin besok paginya.”

DARK SIDE TEAM

Christian Pinnion (@christian.pinnion)
SMA Santo Paulus Pontianak

Lebih Fokus

“Aku tipe ngerjain tugas itu malam hari karena kalau pas malam lebih leluasa dan banyak waktu, selain itu kalau misalnya malam kerjain tugas tuh lebih nggak ada beban kerjaan lain di otak, jadi cuman fokus tugas aja karena fokus jadi biasa malam hari itu benar-benar harus sepi dan sendiri waktu ngerjain tugas. Pernah nugas di siang hari jadi nggak konsentrasi, lalu terburu-buru karena juga harus mengerjakan kerjaan rumah yang lain, pikiran jadi terbagi dan nggak fokus.”

Maria Sintia (@mriasinthia)
Universitas Tanjungpura

Masih Semangat

“Malam hari terasa lebih semangat, lebih fokus dan nggak nggak mengantuk. Pada malam hari suasana hening dan nggak berisik. Kebiasaan saya saat mengerjakan tugas adalah mendengarkan lagu di kamar. Pernah suatu waktu mencoba mengerjakan tugas di siang hari tetapi yang terjadi adalah gagal alias tugas tidak kelar dikerjakan dikarenakan mengantuk, capek banget dan banyak godaan seperti teman chat, grup di medsos ribut, kondisi berisik dan menjadikan saya nggak fokus.”

loading...