Liverpool Diragukan Kejar Dominasi MU

EPL : Sadio Mane (C) dan Harvey Elliott saat pertukaran pemain dalam laga English Premier League berhadapan dengan Crystal Palace di Anfield, Liverpool. (24/6). Paul ELLIS / POOL / AFP

Ole Gunnar Solskjaer meragukan kapasitas Liverpool menyaingi raihan gelar juara Manchester United di Premier League. Sebab, Setan Merah unggul jauh dengan meraih 13 gelar. Paling banyak dibanding tim lain.

Liverpool baru saja menggelar pesta. Pada Jumat (26/6/2020) dini hari WIB, Liverpool resmi menjadi gelar juara Premier League 2019/2020. The Reds juara setelah Manchester City kalah dari Chelsea.

Bagi Liverpool, ini menjadi gelar pertama yang diraih dalam sejarah Premier League yang dimulai pada 1992. Liverpool terakhir kali juara liga pada 1990, ketika masih memakai format lagi.

Setelah menunggu selama 30 tahun, akhirnya Liverpool kembali juara liga. Gelar juara diraih dengan sangat perkasa. Sebab, dari 31 laga yang sudah dijalani, Liverpool hanya tiga kali gagal menang.

Solskjaer mengakui Liverpool layak untuk menjadi juara Premier League 2019/2020. Sebab, mereka tampil sangat bagus. Namun, jika bicara capaian sepanjang masa di Premier League, Solskjaer ragu Liverpool bisa menyamai dominasi United.

“Capaian gelar yang kami menangkan bersama Sir Alex Ferguson, saya tidak berpikir itu bakal mudah disamai atau ditiru oleh siapa pun,” ucap Solskjaer dikutip dari Sportsmole dilansir Bola.net.

United saat ini memang menjadi tim dengan raihan gelar Premier League paling banyak. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu punya 13 gelar juara. Tak ada klub yang lain yang punya lebih dari 10 gelar.

“Sir Alex Ferguson adalah seorang ahli untuk tetap berada di puncak,” kata Solskjaer.

Hanya saja, capaian itu diraih pada era lampau. Sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013 lalu, United belum pernah meraih juara Premier League. Mereka bahkan kesulitan bersaing untuk gelar gelar dalam beberapa musim.

Sir Alex Ferguson menjadi penanda era kejayaan Manchester United. Pria asal Skotlandia ini lah yang memupus puasa United meraih gelar liga setelah 26 tahun. United menjadi juara Premier League pada 1992/1993 setelah 26 tahun tanpa gelar liga.

“Tantangan kami adalah memastikan bahwa puasa gelar ini tidak sampai selama 26 tahun untuk kembali meraih juara atau bahkan lebih panjang. Kami akan melakukan apa saja untuk memperpendek periode itu,” ucap Solskjaer.

“Tentu saja, kami akan melewati Liverpool,” ucap mantan manajer Cardiff City tersebut.(int)

 

loading...