Longsor di Pahauman, Lalu Lintas Sungai Pinyuh – Ngabang Terhambat

Tanah longsor di Dusn Bintang Desa Pahauman Kecamatan Sengah Temila menutup sebagian jalan, Rabu (13/1). Foto Istimewa

NGABANG – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Landak pada Rabu (13/1) lalu mengakibatkan longsor di jalan raya Pontianak – Ngabang tepatnya di Dusun Bintang Desa Pahauman Kecamatan Sengah Temila. Akibatnya lalu lintas sempat terhambat akibat sebagian badan jalan tertutup material longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Landak, Herman Masnur menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Landak untuk mengerahkan alat berat.

“Sementara menunggu alat berat dilakukan pembersihan secara manual oleh BPBD, Polsek, Damkar dan warga,” katanya.

Pihaknya pun tengah berkoordinasi dengan Polres Landak dan Polsek Sengah Temila untuk pengamanan lalu lintas selama pembersihan. “Sebelumnya di lokasi tersebut juga pernah terjadi longsor. Kami imbau warga masyarakat terutama pengendara kendaraan untuk selalu waspada apabila melintasi lokasi tersebut,” ucapnya.

Camat Sengah Temila Emilius, mengatakan pihaknya bersama jajaran personel BPBD Landak, Polsek Sengah Temila dan Tim Damkar Sapakad 137 Pahauman mendatangi lokasi guna membersihkan tanah longsor tersebut.

“Petugas langsung membersihkan material longsor dengan menyemprotkan air,” katanya.

Ia memperkirakan terjadinya bencana alam tanah longsor yang menutupi separuh badan jalan tersebut disebabkan tingginya curah hujan dengan durasi yang cukup lama.

“Sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas,” katanya. (mif)

error: Content is protected !!