LPTQ Latih 101  Calon Dewan Hakim

PEMBUKAAN: Pembukaan pelatihan calon dewan hakim MTQ Kalbar tahun 2021.ISTIMEWA

PONTIANAK– Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kalimantan Barat memberikan pelatihan kepada 101 calon dewan hakim yang nantinya akan berkontribusi dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Tahun 2021. Rencananya akan digelar di Sintang, 29 November 2021.

Andi Musa, Ketua Umum LPTQ Kalbar mengatakan, pelatihan ini untuk mewujudkan MTQ Kalbar yang berkualitas dan bermartabat. Sebagai salah satu ujung tombak keberhasilan MTQ Kalbar di kancah nasional, lanjut dia pelatihan dewan hakim ini sangat perlu dilakukan. Pascapelatihan, diharapkan adanya persamaan persepsi, ucapan, dan tindakan. Sebab, dari penilaian dewan hakim inilah nantinya yang akan menghasilkan qori-qoriah terbaik Kalbar di tingkat nasional.

“Ini dalam rangka meningkatkan  kualitas dan kompetensi dewan hakim yang lebih baik, sehingga MTQ tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata dia, saat di temui usai acara pembukaan, Kamis (23/9).

Narasumber yang dilibatkan dalam kegiatan ini, merupakan dewan hakim Kalbar yang sudah berkecimpung di kancah nasional. Juga para dewan hakim yang pernah mengikuti pelatihan-pelatihan tingkat nasional.

“Sehingga dalam pelatihan ini, peserta dapat pemahaman baru, informasi baru, dan wawasan baru,” ujarnya yang berharap hal ini semakin meningkatkan prestasi Kalbar.

Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Syahrul Yadi mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, dewan hakim memiliki tanggung jawab yang besar dalam menghasilkan para juara.

Syahrul mengatakan,  LPTQ memiliki tugas menanamkan Alqur’an di hati umat Islam. Maka, tidak hanya melakukan pengembangan tetapi juga pemberantasan buta Alqur’an. Yang kedua, lanjut dia mampu mengembalikan kejayaan MTQ Kalbar  seperti tahun 70-an, 80-an, 90-an.

“Selain itu juga mengoptimalisasikan pembumian alqiran di bumi Kalbar,” ungkapnya.

Edi Setiawan, Ketua Panitia Pelatihan Calon Dewan Hakim menjelaskan para peserta kegiatan ini diikuti sebanyak 101 orang. Peserta utusan LPTQ kabupaten/kota ini akan mengikuti kegiatan dari 23-25 September 2021. (mrd)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!