LSK Pontianak Latih Kemampuan Jurnalistik Pelajar

PONTIANAK – Jurnalistik dan fotografi dasar menjadi dua tema yang diulas dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Media yang diselenggarakan oleh Lingkar Siswa Khatulistiwa (LSK) Kota Pontianak. Kegiatan yang diikuti pelajar setingkat SMA se-Kota Pontianak ini, digelar di Koffie Stelsel, Minggu (6/10).

Pengurus LSK Kota Pontianak, Chairunnisa, mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melahirkan para jurnalis muda berbakat. “Kami ingin menumbuhkan serta mengasah kemampuan para pelajar di bidang jurnalistik dan fotografi,” ungkap dia, usai acara.

Perkembangan media di era digital, diakuinya telah mendorong banyak orang, termasuk para pelajar melahirkan konten-konten kreatif. Kehadiran media sosial dan media digital lainnya, turut membuka ruang bagi siapa saja untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka. Hal inilah yang menurutnya harus ditangkap sebagai salah satu peluang untuk mengasah kreativitas, di samping menjadi sarana untuk menyampaikan kebaikan.

“Kami menyadari bahwa media memiliki peran dalam menyiarkan kebaikan. Media digital yang saat ini digandrungi oleh para pelajar, tentu menjadi sarana yang potensial untuk menebarkan nilai-nilai kebaikan itu,” kata dia.

Untuk melahirkan karya kreatif yang layak dikonsumsi, maka kemampuan dibidang jurnalistik dan fotografi dirasa perlu untuk dilakukan. Dalam kegiatan ini, peserta diajarkan cara membuat tulisan yang baik sesuai dengan standar jurnalistik. Meski hanya menghasilkan tulisan sederhana, namun menurut Chairunnisa, tulisan yang dihasilkan oleh para peserta saat itu cukup baik.

“Pada kegiatan ini, peserta juga diajarkan membuat perencanaan liputan,” ucap dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, keterampilan yang juga diasah dalam kegiatan ini adalah fotografi. Menurutnya, menulis sebuah narasi, tak cukup kiranya bila tidak dilengkapi dengan foto. Maka dalam kesempatan tersebut, para peserta diperkenalkan dengan dunia fotografi sekaligus mempraktekkannya secara langsung.

Adapun tindak lanjut dari pertemuan ini adalah, terbentuknya media khusus pelajar dengan konten-konten yang juga diisi oleh para pelajar. Tujuannya, selain menjadi wadah bagi pelajar yang berminat dengan jurnalistik dan fotografi, juga menjadi media untuk menebar kebaikan di kalangan pelajar di Kota Pontianak.

“Semoga peserta hari ini dapat melahirkan karya yang bisa dinikmati para pembacanya. LSK Pontianak akan fasilitasi mereka,” pungkas dia. (sti)

loading...