Makanan dalam Sebuah Potret

Banyak cara mempromosikan makanan. Namun, apapun medianya, tetap memerlukan foto yang bagus untuk menarik minat pecinta kuliner. Kini, banyak jasa memotret makanan. Bahkan, ada yang gratis untuk membantu pelaku usaha mempromosikan makanannya lewat foto yang indah.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Foto Produk Pontianak (@fotoproduk.pontianak) dirintis  Ayu Azhari selaku owner tanpa perencanaan. Bermula dari melihat banyak teman online shop di lingkungannya yang memiliki produk bercita rasa enak, tapi kualitas foto terbatas. Padahal, kualitas foto yang terbatas akan sulit menggambarkan kelezatan produk pada konsumen. Ayu pun tergerak bantu memotret produk makanan.

Ayu tak mematok harga saat memotret produk makanan. Sejak awal dia berniat menyediakan jasa foto produk makanan ini secara gratis. Sampai saat ini Ayu belum memikirkan tarif yang akan dikenakan karena memotretnya juga masih menggunakan kamera smartphone seadanya.

Ayu Azhari // Owner Foto Produk Pontianak

Ketertarikan Ayu memotret makanan cukup unik. Ia memang senang melihat komposisi makanan berwarna-warni yang tertata rapi dan jelas. Selain memotret produk makanan orang terdekatnya, Ayu juga mulai menerima untuk memotret produk makanan di luar lingkungannya.

Ayu mengaku jadwalnya memotret produk makanan cukul padat.  Pujian dan kepuasan konsumen terhadap kualitas fotonya tak membuat Ayu berpuas diri. Dia juga masih mengalami kesulitan, khususnya saat menata produk.

Perempuan yang juga merupakan owner kuliner Jajan Yuk Pontianak ini mengaku saat memotret posisi produk dan pengambilan gambar harus detail.

“Tujuannya agar komposisi makanan yang dipotret terlihat jelas,” kata Ayu.

Ayu menyatakan penataan untuk satu makanan cukup memakan waktu karena harus menyesuaikan produk makanan dengan beberapa wadah dan properti.

“Penting untuk mengetahui jenis makanan sebelum memotret, khususnya komposisi bahan. Dengan begitu orang yang memotret bisa menyesuaikan properti yang cocok digunakan agar mendukung tampilan produk makanan tersebut,” kata Ayu.

Perempuan kelahiran 7 Desember 1994 ini menuturkan karena menggunakan smartphone dan cahaya alami, Ayu harus bisa mengatur cahaya yang mantul.

“Agar hasil foto bisa bagus dan tak terlalu kuat,” tutur Ayu.

Hasil foto akan Ayu edit dengan bantuan aplikasi, seperti lightroom dan vsco. Tentunya hasil editan akan membuat foto produk makanan semakin terlihat bagus dan menarik. Ayu menetapkan syarat dan ketentuan produk bagi yang berminat menggunakan jasanya, yakni wajib produk halal, menyertakan nama produk dan nama Instagram.

“Dan maksimal hanya tiga jenis produk saja,” sambung Ayu.

Selain itu, untuk produk berkuah yang menggunakan toping dan saus, Ayu biasanya meminta untuk dipisah satu persatu agar saat di foto detail bisa terlihat jelas.

“Hasil foto akan diterima selambatnya H-5,” tutupnya. **

HASIL FOTO AYU AZHARI

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!