Mal Pelayanan Publik Siap Dibangun

TANDA TANGAN: Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama antara Pemkot Singkawang dan  PT. Putra Sinka Sukses, Kamis (30/7). HUMASKOT FOR PONTIANAK POST

SINGKAWANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang membuat sebuah terobosan dengan membentuk Mal Pelayanan Publik. Sebagai tahap awal, dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama antara Pemkot dan PT. Putra Sinka Sukses tentang Pembentukan Mal Pelayanan Publik Singkawang, Kamis (30/7).

“Mal Pelayanan Publik ini untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, tegas, amanah, dan efektif, yang berorientasi pada pelayanan publik yang prima berbasis teknologi komunikasi dan informasi, diperlukan komitmen yang tinggi dari seluruh unsur penyelenggara pemerintahan daerah,” ungkap Wali Kota (Wako) Singkawang Tjhai Chui Mie dalam kegiatan penandatanganan tersebut. Pembentukan Mal Pelayanan Publik Kota Singkawang, menurut dia, merupakan sebuah inovasi, sebuah terobosan yang dilakukan oleh Pemkot dalam mendobrak rutinitas yang berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas, tidak berbelit-belit, transparan, mudah, cepat, terjangkau, aman, dan nyaman.

Dengan adanya Mal Pelayanan Publik, seluruh pelayanan perizinan dan non perizinan di Kota Singkawang diharapkan dia dapat diselenggarakan secara terintegrasi dan terpadu di dalamnya. Bahkan, harapan dia juga mencakup beberapa instansi/lembaga pemerintah pusat di Kota Singkawang serta BUMN/BUMD. Instansi yang dimaksud dia adalah Polres Singkawang, UPT. PPD Wilayah Kota Singkawang, Kantor Imigrasi Klas II Singkawang, Kantor Agama Singkawang, BPN Singkawang, Kantor Pajak Pratama, Singkawang, Bank Kalbar Cabang Singkawang, BPJS Kesehatan Cabang Singkawang, dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Singkawang.

“Nantinya Mal Pelayanan Publik ini akan kita launching atau operasionalkan bersamaan HUT Pemkot tahun ini,” ujar Wako.

Oleh sebab itu, kata Wako, akan dilakukan tindak lanjut dengan pembahasan bersama terkait mekanisme dan prosedur, serta pengintegrasian Standar Operasional Prosedur layanan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi komunikasi. Dia juga memberikan apresiasi kepada PT. Putra Sinka Sukses, yang telah bersedia bekerja sama dalam pembentukan Mal Pelayanan Publik Kota Singkawang, untuk aktivitas menyediakan tempat berlangsungnya penyelenggaraan pelayanan publik di  Singkawang Grand

Mall. “Semoga dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama tentang Pembentukan Mal Pelayanan Publik ini, akan menjadi awal terwujudnya pelayanan publik yang prima, yang berkualitas di Kota Singkawang,” harapnya.

Wako menyampaikan ucapan terima kasih kepada para owner PT. Putra Sinka Sukses, yang telah berkomitmen untuk mendukung dan bersama mewujudkan terselenggaranya pelayanan publik yang berkualitas di Kota Singkawang, melalui pembentukan Mal Pelayanan Publik ini.

Sementara itu,  Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Kota Singkawang, Asmadi, berharap, kehadiran Mal Pelayanan Publik Kota Singkawang ini mampu menjawab tantangan untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat. Harapan dia, keberadaannya dapat memberikan dampak pada tumbuhnya industri mikro dan kecil, memperkuat daya saing global, dan tumbuhnya minat investor sehingga perekonomian serta kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

“Kunci dan efektivitas dari kehadiran Mal Pelayanan Publik adalah pada integrasi sistem pelayanan, sehingga memungkinkan untuk mendorong terselenggaranya pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan terjangkau,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut dia, dituntut adanya koordinasi dan komunikasi yang efektif antar instansi, serta komitmen pimpinan yang kuat untuk mewujudkannya. (har)

loading...