Malaysia Deportasi 89 WNI Bermasalah

DEPORTASI: Para PMI yang pulang ke tanah air melalui PLBN Entikong ketika menjalani pendataan, Kamis (15/10).

SANGGAU-Pemerintah Malaysia kembali mendeportasi 89 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Imigresen Malaysia Depot Semuja ke Indonesia melalui PLBN Entikong, Kamis (15/10) siang kemarin. Mereka didepotasi dengan pengawalan langsung oleh pihak Imigresen Malaysia Depot Semuja dan KJRI di Kuching.

“Sebanyak 82 orang laki–laki dan 7 orang perempuan,” kata Reinhard HP Panjaitan selaku Koordinator Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Entikong. Para PMI ini berasal dari beberapa provinsi diantaranya Kalimantan Barat sebanyak 45 orang, Nusa Tenggara Timur sebanyak 1 orang, Jawa Timur sebanyak 11 orang, Sulawesi Selatan sebanyak 8 orang, Nusa Tenggara Barat sebanyak 12 orang, Jawa Barat sebanyak 4 orang, Banten sebanyak 2 orang, Sumatera Selatan sebanyak 1 orang, Lampung sebanyak 2 orang dan Jawa Tengah sejumlah 3 orang.

“Mereka ini dipulangkan karena beberapa kasus diantaranya tidak memiliki Permit 38 orang, tidak memiliki Paspor 48 orang, lapor Ke KJRI Kuching karena Ingin dipulangkan ke Indonesia sebanyak 2 orang dan terkena kasus perjudian sebanyak satu orang,” ungkapnya.

PMI yang dideportasi langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan dan proses pendataan. “Mereka telah diberangkatkan ke Dinas Sosial Pontianak menggunakan Travel, kecuali satu orang yang dijemput langsung oleh pihak keluarga,” ujarnya. (sgg)

 

error: Content is protected !!