Malaysia Kembali Kirim 50 Ton Oksigen ke Pontianak

OKSIGEN MALAYSIA: ISO tank berisi oksigen bantuan Malaysia tengah dipindahkan dari mobil Malaysia ke mobil Indonesia di Tebedu, Sarawak, Malaysia. SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

ENTIKONG – Pemerintah Malaysia kembali mengirim tiga ISO tank oksigen ke Indonesia. Kali ini, pengiriman berbobot 50 ton oksigen diserahkan oleh Timbalan Ketua Menteri Sarawak James Jemut Masing dan diterima lamgsung oleh Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. Acara serah terima dilakukan di zona netral perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Rabu (28/7) siang.

Tiga iso tank berdaya tampung maksimal 20 ton tersebut, dipindahkan dari mobil berplat nomor Malaysia ke mobil berplat nomor Indonesia yang telah dipersiapkan. Ketiga mobil ini kemudian diberangkatkan menuju Kota Pontianak untuk dipindahkan ke tabung berukuran kecil. Jika dikonversi, jumlah pengiriman kali ini dapat mengisi lebih dari 6000 tabung oksigen berukuran besar.

Dalam wawancaranya, Timbalan Menteri Sarawak mengatakan bahwa kenaikan kasus di Indonesia tengah meningkat secara signifikan. Dengan memandang hubungan erat diplomatik yang telah lama terjalin, maka Malaysia bersetuju untuk memberikan bantuan oksigen.

“Pandemi Covid-19 telah melanda bukan hanya Negara Malaysia, namun terjadi pada seluruh dunia termasuk negara tetangga kita Indonesia. Berdasarkan laporan lonjakan kasus Covid-19 di Provinsi Kalimantan Barat sangat tinggi. Sehingga keperluan kebutuhan oksigen ditahap yang kritikal sekarang,” kata James

“Oleh karena itu atas dasar hubungan diplomatik serta kerjasama yang erat. Maka kerajaan Sarawak Malaysia telah memberikan persetujuan untuk memberikan dan membantu menyalurkan serta mengekspor keperluan darurat oksigen kepada Provinsi Kalimantan Barat Indonesia,” lanjut James

Sementara itu, Panglima Kodam XII Tanjungpura dalam sambutannya mengatakan, bantuan oksigen dari Malaysia tersebut sangat bermanfaat dan membantu Kalbar yang saat ini tengah kekurangan oksigen.

“Kita akan menandatangani kerjasama pengiriman oksigen dari Malaysia ke Indonesia sebanyak tiga ISO tank. Dengan bantuan dan dukungan oksigen tersebut tentunya sangat membantu Provinsi Kalbar. Kita tentu sangat berterimakasih atas kerjasama ini, karena untuk minggu ini kita didukung empat ISO Tank. Mudah-mudahan kedepan juga demikian sehingga bisa menjaga pasokan kebutuhan oksigen di Kalbar,” kata Panglima.

“Kerjasama ini merupakan sesuatu hal yang baik, sambutan yang baik dari pemerintah Malaysia juga perlu kita apresiasi. Karena bagaimanapun juga saat ini oksigen sangat penting. Sehingga bantuan ini sangat bisa membantu warga Kalbar yang saat ini tengah kesulitan dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat sekarang. Selama ini pasokan oksigen di Kalbar hanya bisa bertahan hingga lima hari. Maka dengan bantuan kita bisa menambah pasokan oksigen hingga tujuh hari hal ini tentunya sangat membantu,” tutup Rahmad. (ndo)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!