Manfaatkan IT, Inovasi Pelayanan Publik

Ilustrasi | src : internet

PONTIANAK—Pemanfaatan Teknologi Informasi merupakan bentuk inovasi dalam pelayanan publik. Dari waktu ke waktu dipastikan berkembang karena erat kaitannya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.
“Harusnya memang inovasi terus terbangun dan berkembang dalam pelayanan publik. Tujuan juga memudahkan masyarakat secara keseluruhan,” kata Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar.

Menurutnya, sebetulnya melihat perkembangan teknologi zaman sekarang, sangat banyak inovasi yang bisa dilakukan. Tidak hanya menjadikan kinerja aparatur menjadi lebih baik, pelayanan kepada masyarakat pun akan lebih optimal.

Berkembangnya teknologi dan informasi, memang membentuk banyak inovasi. Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Provinsi biasanya terus melakukan perubahan. Namun semuanya mesti lebih memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. “Tujuannya juga supaya masyarakat mudah mengakses, lebih transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Inovasi dalam pelayanan publik, tidak boleh berhenti begitu saja. Di dunia manapun setiap harinya terus berkembang. ”Memang harus dikembangkan. Kalau bisa masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor mengurus sesuatu,” ucap Suriansyah.

Mempermudah layanan dengan memanfaat teknologi, sudah seharusnya menjadi kebiasaa. Pada era digital seperti sekarang tidak bisa terelakan. Hanya jangan sampai juga mengabaikan regulasi dan aturan pemerintah. “Teknologi memang bebas namun ada batasan, sehingga tidak boleh serampangan. Wajib mengikuti aturan,” tuturnya.(den)

Read Previous

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Santunan ke Ahli Waris

Read Next

Cuma Hujan yang Bisa Hapus Kabut Asap dan Karhutla

Tinggalkan Balasan

Most Popular