Manfaatkan Pojok Pajak di Pasar Flamboyan dan Pasar Puring

POJOK PAJAK: Kegiatan pelayanan Pojok Pajak KPP Pratama Pontianak Timur di Pasar Flamboyan. IST  

PONTIANAK – KPP Pratama Pontianak Timur menyediakan layanan Pojok Pajak di Pasar Flamboyan dan Pasar Puring. Pojok pajak ini diadakan untuk memfasilitasi masyarakat yang akan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahunan Orang Pribadi. Fungsi dari Pojok Pajak ini tak jauh berbeda dari loket layanan di Kantor Pajak.

“Di Pojok Pajak ini kami melayani pembuatan e-Biling untuk penyetoran pajak serta pelaporan SPT Tahunan 2019 melalui e Filing. Tersedia juga loket Kantor Pos bagi Wajib Pajak yang ingin menyetorkan pajak,” tutur Kepala KPP Pratama Pontianak Timur Porman Romianna Manihuruk yang karib dipanggil Anna, Senin (17/2).

Anna mengatakan, KPP Pratama Timur membuka Pojok Pajak di dua tempat. Pada 17-22 Februari Pojok Pajak hadir di Pasar Flamboyan yang terletak di depan pintu masuk pasar sebelah kanan, dan pada 24-29 Februari hadir di Pasar Puring. Jam pelayanan Pojok Pajak dimulai pukul 08.00 sampai pukul 13.00.

“Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan, diharap membawa dokumen kelengkapan sesuai layanan yang diharapkan,” kata Anna. Adapun dokumen yang harus dibawa untuk pembuatan e Biling berupa fotocopy NPWP. Sedangkan dokumen yang harus dibawa untuk layanan pelaporan SPT melalui e Filing berupa NPWP, EFIN, dan rincian peredaran bruto untuk masyarakat yang melakukan kegiatan usaha, dan bukti potong untuk masyarakat yang berstatus pegawai/karyawan.

“Harapan saya masyarakat khususnya Wajib Pajak di wilayah KPP Pratama Pontianak Timur yang meliputi Kecamatan Pontianak Utara, Kecamatan Pontianak Timur, Kecamatan Pontianak Tenggara, dan Kecamatan Pontianak Selatan dapat memanfaatkan layanan perpajakan di Pojok Pajak. Lapor SPT lebih cepat lebih baik. Pajak kuat, Indonesia maju” lanjut Anna.

Menurutnya, pembukaan Pojok Pajak di pusat-pusat ekonomi dan bisnis ini untuk mendekatkan pelayanan agar dapat dijangkau pelaku bisnis yang sehari-harinya sibuk mengurusi dagangannya sehingga tidak sempat datang ke kantor pajak guna mengurus kewajiban perpajakannya.

Layanan Pojok Pajak merupakan wujud kerjasama antara KPP Pratama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pontianak sebagai pengelola Pasar Flamboyan. Selain itu, KPP Pratama Pontianak Timur juga bekerjasama dengan PT Pos Kota Pontianak untuk menyediakan loket pembayaran. *

 

 

 

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!