Manisnya Bisnis Donat Rumahan ‘Donduts’ di Masa Pandemi
Ada Donat Regular, Donat Mini, Donat Huruf, hingga Donat Buket

DONAT PREMIUM: Berbagai rasa dan varian dihadirkan oleh Donduts. Istimewa

Semenjak pandemi Covid-19 melanda setahun belakangan, tak sedikit warga yang kehilangan pekerjaan. Di sisi lain, tak sedikit pula peluang usaha baru yang muncul, misalnya di bidang kuliner. Bisnis donat rumahan ‘Donduts’ adalah salah satunya.

Riesala Anvar, Pontianak

DONAT cukup digemari masyarakat. Kue atau penganan berbentuk bulat dan bolong di tengah seperti gelang ini terbuat dari adonan tepung. Rasanya yang manis dan teksturnya yang empuk pasti disukai banyak orang. Kini bentuk dan cita rasa donat semakin beragam seiring dengan kreativitas dan selera pembuatnya.

Kartika merupakan salah satu pemilik usaha donat premium yang ada di Kota Pontianak dengan nama Donduts. Semenjak pandemi, ia memulai usaha donatnya, mulai dari varian donat regular, donat mini, donat huruf, hingga buket donat dibuatnya.

“Di produksi dari rumah. Sebelumnya belum pernah bikin donat, akan tetapi setelah dicoba, ternyata enak. Nah, dari orang-orang sekeliling disuruh kenapa gak dijual aja, akhirnya jualan mulai tahun lalu,” ucapnya kepada Pontianak Post.

Untuk jenis donat, ia menuturkan sengaja membuat berbagai varian. Dengan demikian, donat tersebut tak hanya bisa dimakan untuk bersantai, tetapi bisa juga dijadikan sebagai kado, atau pengganti kue ulang tahun.

“Yang paling banyak diminati, donat mini, karena bentuknya yang kecil cocok untuk cemilan. Namun tak sedikit juga pesan donat huruf yang biasanya jadi pengganti kue ulang tahun. Selain itu juga, donat buket yang bisa dihadiahi sebagai kado saat ulang tahun maupun setelah sidang skripsi dan sejenisnya,” ucapnya.

Ia mengakui jika membuat donat gampang-gampang susah.  Banyak percobaan yang dilakukan sampai akhirnya menemukan takaran yang pas untuk enak dinikmati.

“Untuk variannya rasanya saya coba bikin berbagai macam biar banyak pilihan. Pembeli juga bisa request sesuai permintaan, seperti di mix dua rasa yang berbeda,”ucap dia.

Tika sapaan akrabnya, menuturkan, pemesanan dilakukan pada H-1, hal ini untuk menjaga kualitas donat yang akan dihasilkan nantinya.

“Jadi ketika donat sampai ke konsumen, donat masih hangat dan fresh. Oleh sebab itu, kita rekap terlebih dahulu untuk pemesanan minimal H-1,” imbuhnya.

Untuk pemesanan bisa dilakukan melalui online, yaitu melalui Instagram dan WhatsApp, “Kalau pemesanan kita bisa lewat Instagram dengan nama Donduts, serta WhatsApp. Bisa juga kita antar ataupun ambil sendiri. Bisa juga melalui ojek online jika di Kota Pontianak dan sekitarnya,” tandasnya. (*)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!