Maret Vaksin Tahap Dua, Sebelas Daerah Segera Terima Vaksin

ILUSTRASI

PONTIANAK – Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) kembali mendapat pasokan vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat. Kemarin ada sebanyak 34.400 vial vaksin Sinovac yang tiba di Kalbar dan siap didistribusikan ke daerah pada, Rabu (27/1).

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson mengungkapkan, vaksin yang datang kemarin bagian dari program vaksinasi tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes). Untuk termin kedua ini sasarannya adalah 11 kabupaten/kota yang belum mendapat vaksin di termin pertama. Seperti diketahui untuk termin pertama baru Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah yang mendapat distribusi vaksin.

Harisson menyebut untuk jumlah nakes yang akan divaksin di 11 kabupaten/kota pada termin kedua ada sebanyak 18.755 orang. Angka tersebut sesuai dengan data di Sistem Informasi  Sumber Daya Manusia Kesehatan.

“Vaksin ini segera kami distribusikan ke kabupaten/kota ada yang lewat darat dan udara menggunakan pesawat. Untuk distribusi vaksin akan dikawal oleh TNI-Polri,” ungkap Harisson kepada awak media.

Selain kuota untuk nakes, masing -masing di 11 kabupaten/kota tersebut juga akan ditambah 10 dosis atau 10 vial vaksin Sinovac. Tambahan tersebut untuk pencanangan di hari pertama pelaksanaan vaksinasi di kabupaten/kota tersebut. Diharapkan 11 kabupaten/kota ini nantinya melaksanakan proses pencangan di hari pertama dengan sasaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) atau tokoh masyarakat setempat.

“Hari Rabu akan kami lakukan pendistribusian segera mungkin mereka melakukan vaksinasi, karena targetnya nanti untuk seluruh kabupaten/kota di Kalbar di akhir bulan Februari seluruh nakes sudah divaksinasi, selesai pada suntikan kedua,” terangnya.

Setelah vaksinasi tahap satu untuk nakes selesai di akhir Februari, Harisson memperkirakan tahap kedua bisa dimulai pada Maret. Vaksinasi tahap kedua dengan sasaran petugas pelayanan publik termasuk TNI-Polri dan guru itu ditargetkan selesai pada akhir April.

“Jadi pengiriman ini (kemarin) tahap pertama termin kedua, selanjutnya akan ada tahap kedua. Jadi untuk tahap kedua mulai bulan Maret diharap selesai di akhir bulan April. Target kami memang harus selesai sesegera mungkin untuk itu fasyankes diharapkan melakukan vaksinasi termasuk hari Sabtu dan Minggu dan diharapkan (semua) selesai dalam satu tahun ini,” pungkasnya.(bar)

error: Content is protected !!