Maruki Matsum Dukung Wako Pontianak Buat Jalur Pesepeda

Peraih Medali Emas Sea Games di Jakarta 1987, M Maruki Matsum
PONTIANAK – Peraih Medali Emas Sea Games di Jakarta 1987 yang juga mantan pembalap Nasional, M Maruki Matsum mengapresiasi langkah Wali Kota Pontianak yang berencana membangun jalur sepeda. Menurutnya hal tersebut penting untuk dilakukan mengingat bersepeda saat ini telah menjadi gaya hidup.
“Sebagai mantan pebalap sepeda nasional dan hingga kini masih aktif di komunitas, saya sangat mendukung rencana ini. Apalagi kesadaran masyarakat untuk bersepeda serta pentingnya kesehatan terlihat semakin tumbuh,” kata Maruki yang juga merupakan Kepala Divisi Corporate Secretary Bank Kalbar, Kamis (9/7).
Jalur bagi pesepeda di jalan raya menurutnya penting agar aktivitas bersepeda lebih aman dan nyaman.  Keberadaan jalur sepeda ini tentunya akan menghindari potensi kecelakaan, terutama antara pesepeda dengan pengendara transportasi jalan lainnya. Namun begitu, para pesepeda diingatkannya untuk tetap tidak seenaknya berada di jalan raya.
“Kita harus mematuhi aturan bersepeda, dengan cara tidak boleh bergerombol. Cukup berbaris dua memanjang ke belakang. Rapi tertib, serta menjaga aturan lalu lintas,” kata dia.
Jika memungkinkan, lanjut dia, pakai masker baik saat bersepeda maupun ketika berhenti untuk beristirahat. Ini dilakukan untuk mencegah jangan sampai tertular virus di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Dia pun menyaranakan untuk bersepeda di waktu yang tepat. Menurutnya waktu yang tepat untuk bersepeda adalah pada waktu pagi hari dan sore, karena sangat baik bagi kesehatan tubuh. Adapun malam hari, boleh saja dilakukan namun hanya sekedar untuk berjalan-jalan saja.
“Semoga kita dapat bersepeda dengan selamat dan tetap sehat,” tutur dia.
Dia pun mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga stamina. Caranya, adalah dengan melakukan latihan gerak secara teratur dan disipilin minimal satu jam sehingga kalori bisa terbakar optimal. Selian itu, lanjut dia, yang tidak kalah penting adalah istirahat malam yang teratur, dan hindari begadang, serta makan  teratur dengan asupan yang seimbang.
“Kurangi lemak-lemak dan makanan berminyak. Dengan stamina yang bagus kita akan selalu bersemangat,” pungkas dia. (sti)

loading...