Masa Kepengurusan FOBI Kalbar Habis
Sugioto Tancapkan Eksistensi Barongsai Kalbar di Mata Internasional

PONTIANAK-Tiga tahun kepengurusan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Provinsi Kalimantan Barat yang diketuai Sugioto berjalan. Dalam kurun waktu tersebut, FOBI Kalbar telah menancapkan eksistensi olahraga barongsai hingga tingkat internasional.

Saat ini, SK Kepengurusan FOBI Kalbar yang diketuai Sugioto telah habis masanya. Secara legalitas tentu mesti dilakukan kembali pemilihan ketua baru. “Ya, kepengurusan FOBI Kalbar sudah habis. Tentunya harus dilakukan kembali pemilihan ketua baru,” ujar Sugioto yang akrab dipanggi Rico ini kepada Pontianak Post, Selasa (23/2).

Dalam kurun waktu tiga tahun, cukup banyak dilakukan FOBI Kalbar. Kejuaraan barongsai tingkat internasional dengan melibatkan beberapa negara telah diselenggarakan FOBI Kalbar di tahun pertama ia menjabat sebagai ketua.

Kemudian pelaksanaan pelatihan juri, pengiriman atlet FOBI bertanding barongsai di negara tetangga dan ke beberapa provinsi sudah dilakukan.

Dalam upaya regenerasi atlet barongsai. Pihaknya juga membangun jalinan hangat dengan beberapa sekolah. Di sana, materi tentang olahraga barongsai telah masuk dalam materi ekstra kulikuler.

Sebenarnya kata dia, ada banyak agenda yang sudah direncanakan FOBI Kalbar. Namun karena situasi covid melanda, membuat rencana tersebut tertunda. Salah satunya agenda besar barongsai berskala internasional yang semula direncanakan di tahun ke dua kepemimpinan Rico.

Dengan habisnya SK FOBI Kalbar, ia juga memberikan kesempatan bagi para tokoh pencinta olahraga Barongsai untuk ikut mencalonkan diri sebagai ketua FOBI Kalbar di periode selanjutnya.(iza)

error: Content is protected !!