Masalah Kesehatan Mulut Saat Hamil

kesehatan hamil

Ibu hamil rentan mengalami gangguan pada gigi dan gusi. Sebab, kadar hormon progesteron mengalami peningkatan berkali-kali lipat, dan berdampak pada risiko sakit gigi dan gusi.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Beberapa ibu hamil merasa tak nyaman saat hamil. Mulai dari mual, pusing, kelelahan, muntah-muntah, sakit punggung hingga sakit gigi. Dokter Gigi di Klinik Gigi Khalisa Dental Care, Nuri Augustini menyatakan ada beberapa masalah kesehatan mulut yang kerap dialami oleh ibu hamil. Pertama, gigi berlubang (karies). Karies disebabkan sisa makanan yang menempel pada gigi karena kurang bersihnya ibu hamil dalam melakukan penyikatan gigi.

Kedua, terjadi pengikisan gigi (erosi). Disebabkan ibu hamil merasakan mual dan sering muntah (morning sickness) saat trisemester pertama, sehingga menyebabkan kondisi asam pada   rongga mulut ibu hamil.

Ketiga, terjadi peradangan pada gusi (gingivitis). Disebabkan karena perubahan hormon, sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah dan menyebabkan gusi terlihat bengkak. Selain itu, disebabkan juga karena adanya akumulasi plak dan karang gigi.

Keempat, terjadi bau mulut (halitosis). Disebabkan karena jarangnya ibu hamil untuk menyikat gigi dan menjaga kebersihan gigi mulut. Kelima, terjadi tumor gusi (epulis gravidarum) karena perubahan pada hormon ibu ketika hamil.

“Biasanya, terjadi pada trisemester satu dan dua. Masalah mulut ini akan hilang saat mau mendekati kelahiran dan sudah melahirkan,” ujarnya.

Dokter kelahiran Pontianak, 3 Agustus 1993 ini menuturkan jika masalah kesehatan mulut ibu hamil tidak segera diatasi, dapat menyebabkan bayi dilahirkan secara prematur dan berat bayi kurang dari normal.

“Karena berperan dalam nutrisi yang diberikan ibu pada saat mengandung,” tutur Nuri.

Dokter Gigi yang bertugas di Klinik Polresta dan Airud ini menambahkan apabila menderita sakit gigi  dan mulut, ibu hamil kesulitan untuk menguyah makanan. Sehingga nutrisi ke bayi akan menurun pula.

Nuri menyarankan agar segera memeriksakan gigi ke dokter gigi, jika berencana hamil. Jika ada masalah kesehatan gigi, calon ibu akan segera mendapatkan perawatan.

Namun, jika sudah terjadi kehamilan maka dapat dilakukan tindakan sederhana dalam perawatan gigi  ke dokter gigi. “Biasanya, dilakukan pada trisemester kedua,” pungkasnya. **

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!