Masjid Agung Al-Falah Diperkirakan Rampung Akhir Tahun

PEMBANGUNAN MASJID: Pertemuan di Rumah Dinas Bupati Mempawah membahas perkembangan pembangunan Masjid Agung Al-Falah. Istimewa

Rencana Diresmikan Presiden

MEMPAWAH- Pemerintah Kabupaten Mempawah terus menggenjot pembangunan Masjid Agung Al-Falah Mempawah. Saat ini, progress pembangunan diperkirakan mencapai 80 persen. Dan jika berjalan lancar, maka pembangunan akan tuntas pada akhir tahun 2020 nanti. Rencananya, masjid termegah di Kabupaten Mempawah itu akan diresmikan Presiden Joko Widodo. “Progress pembangunan sudah kurang lebih 80%. Dan mudah-mudahan dalam waktu 3-4 bulan kedepan sudah tuntas semuanya,” harap Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH dirumah Dinas Bupati Mempawah, Rabu (5/8) malam.

Erlina mengatakan, jika proses pembangunan Masjid Al-Falah berjalan lancar dan rampung dalam waktu beberapa bulan kedepan, maka besar kemungkinan masjid tersebut akan diresmikan penggunaannya oleh Presiden RI Joko Widodo. “Agendanya Presiden Joko Widodo akan datang ke Mempawah meresmikan Pelabuhan Kijing di Kecamatan Sungai Kunyit pada akhir tahun 2020. Nah, kemungkinan akan dirangkaikan dengan peresmian Masjid Agung Al-Falah,” paparnya.

Lebih jauh, Erlina mengatakan, pembangunan Masjid Agung Al-Falah Mempawah mengambil konsep masjid-masjid di timur tengah. Bahkan, dia menyebutnya sebagai kombinasi dari sejumlah masjid yang ada di Abu Dhabi, Quba hingga Masjid Nabawi.

“Selain bentuk dan ornamennya yang mengikuti masjid di timur tengah, nanti akan di tanam pohon kurma di lingkungan Masjid Agung Al-Falah. Untuk pohon kurma ini sudah dibantu oleh PT Bank Kalbar melalui CSR sebanyak 24 batang pohon kurma,” ungkapnya. Nantinya, sambung Erlina, pohon kurma akan mendapatkan perawatan dan pemeliharaan khusus supaya dapat tumbuh subuh dan memperindah lingkungan Masjid Agung Al-Falah Mempawah. Dengan begitu, nuansa timur tengah akan semakin melekat pada Masjid Agung Al-Falah Mempawah.

“Mudah-mudahan pohon kurma tersebut bisa tumbuh subur dan berbuah hingga cocok dengan tekstur tanah di Kota Mempawah. Bukan hanya di halaman, kita juga menggunakan ornament pohon kurma pada pilar-pilar bangunan masjid. Jadi kesan masjid timur tengah akan semakin kuat,” tegasnya. Tak hanya fokus pada ornament timur tengah, lanjut Erlina, Masjid Agung Al-Falah Mempawah juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti eskalator hingga air mancur warna-warni yang akan menambah keindahan masjid kebanggaan masyarakat Kabupaten Mempawah itu.

“Kita perkirakan Masjid Al-Falah Mempawah ini memiliki daya tampung sekitar 10 ribu jemaah. Semoga seluruh agenda pembangunan berjalan lancar dan rampung tepat waktu,” harapnya lagi. Terakhir, Erlina mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana pembangunan Masjid Agung Al-Falah Mempawah beserta para donator dan seluruh masyarakat Kabupaten Mempawah yang telah berpartisipasi mensukseskan pembangunan tersebut.

“Nah, setelah terealisasi tentu kita menghimbau seluruh umat islam di Kabupaten Mempawah khususnya di Kota Mempawah agar aktif memakmurkan Masjid Agung Al-Falah melalui ibadah berjamaah dan kegiatan keagamaan,” pintanya. “Karena, kita harus mencintai rumah Allah. Sebab, dengan mencintai masjid maka kita akan mendapatkan cinta dari Allah Ta’ala,” tegasnya menambahkan.(wah)

loading...