Melawan Hantu Tandang

Borussia Dortmund vs Barcelona

DORTMUND,– Dalam empat musim terakhir Borussia Dortmund selalu berjodoh dengan klub-klub Spanyol di ajang Liga Champions khususnya di fase grup. Real Madrid (2016-2017, 2017-2018), Atletico Madrid (2018-2019), dan musim ini Barcelona.

Dijadwalkan Die Schwarzgelben akan menjamu Barca dini hari nanti (18/9) di Signal Iduna Park dalam matchday pertama grup F (siaran langsung SCTV pukul 02.00 WIB). Sepanjang sejarah pertemuan kedua tim di Eropa, maka laga dini hari nanti menjadi yang ketiga. Rekornya Barca menang sekali dan seri sekali.

Jelang pertemuan dini hari nanti, Barca dihadapkan dalam rekor buruk di laga tandang musim ini. Dari dua kesempatan bermain di luar Camp Nou, Barca tak pernah menang. Kalah 0-1 oleh Athletic Bilbao di San Mames (17/8) kemudian seri 2-2 lawan Osasuna di El Sadar (31/8).

Bukan saja tak pernah menang di laga tandang yang jadi persoalan Blaugrana sejauh ini pada musim 2019-2020. Melainkan juga longgarnya lini belakang adalah titik lemah pemegang lima trofi Liga Champions itu. Barca jebol tujuh gol diantara empat jornada.

Bek Barca Clement Lenglet dalam wawancara dengan Movistar Plus kemarin (16/9) mengatakan meski menang 5-2 atas Valencia (15/9) kinerja lini belakang memang masih perlu ditingkatkan. Kolaborasi Lenglet dengan Gerard Pique belum solid.

“Sejak jornada pertama di La Liga, tim kami memang belum pernah mencatatkan clean sheet. Tapi secara penampilan bisa dibilang kami terus mengalami peningkatan,” tutur Lenglet.

Entrenador Barca Ernesto Valverde kepada Sport berkata dari dua kali kegagalan menang lawan Bilbao dan Osasuna, gol lawan selalu datang di sepuluh menit terakhir. Valverde mengatakan konsentrasi tim hingga peluit berakhir yang perlu dibenahi.

Media-media Spanyol dan Catalan menyebutkan ketiadaan Messi menjadi salah satu penyebab kegagalan Barca poin penuh di laga tandang. Dan ketika Messi mulai berlatih bersama kemarin jelang keberangkatan ke Dortmund maka hal ini jadi pendongkrak spirit tim.

“Saya bukan dokter namun sepertinya cederanya terus membaik. Saya tak tahu apakah Selasa (Rabu dini hari, red.) atau pertandingan setelahnya Leo (Messi) baru bisa bermain,” kata pelatih berusia 55 tahun itu. Dan menurut Mundo Deportivo meski Valverde berteka-teki soal Messi, namun La Pulga masuk dalam daftar 22 pemain yang dibawa ke Dortmund.

Sebelum latihan Messi sempat diwawancara dengan Barca TV dan berujar kalau sangat antusias melakoni lawatan ke Signal Iduna Park. Sebab Messi belum pernah bermain stadion berkapasitas 81 ribu penonton itu.

“Bermain di stadion yang belum pernah saya datangi akan membuat saya senang. Melihat bagaimana suporter disana juga atmosfer stadion,” ucap Messi. Signal Iduna Park atau sering disebut Yellow Wall merupakan salah satu stadion dengan atmosfer terbaik.

Nah, optimisme untuk bisa menang atas Barca datang dari para pemain Dortmund. Gelandang Axel Witsel dalam situs resmi Bundesliga mengatakan performa seperti saat menang 4-0 atas Bayer Leverkusen (14/9) memberikan kepercayaan diri.

“Saya belum pernah bertemu dengan Barca di kompetisi Eropa. Namun kami harus percaya jika kami bisa melalui pertandingan ini dengan sukses apalagi kami melawan Barca di kandang kami sendiri,” tutur gelandang 30 tahun itu.

Trio lini depan Dotmund yakni Marco Reus-Jadon Sancho-Paco Alcacer siap memberikan teror buat lini belakang Barca yang longgar. Khusus Sancho, performanya di Liga Champions tak semoncer saat di Bundesliga. Dalam tujuh penampilan di Liga Champions, Sancho cuma membuat satu gol dan satu assist. (dra)

Read Previous

Bersiaplah Menyongsong Masa Transisi

Read Next

Menanti Asap Usai

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *