Membuat Jurnal Kreatif Unik dan Menarik

Zulfa dan Umni

CREATIVE journaling? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa sih creative journaling itu sendiri? Apakah sekadar membuat jurnal kreatif, ataukah ada hal unik dan menarik ketika terjun di dalamnya? Founder Creative Journaling Kalbar, Zulfa Khairunnisa Ishan akan menceritakan betapa serunya berkecimpung di dunia creative journaling.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Creative Journaling Kalbar atau CJK (@creativejournalingkalbar) merupakan sebuah komunitas berisi sekelompok orang dengan hobi atau passion yang sama, yaitu creative journaling atau mendokumentasikan dalam bentuk jurnal secara kreatif.

Komunitas ini membuat setiap orang dapat menyalurkan hobinya dalam menghias jurnal yang biasanya hanya ditulis biasa saja menjadi sesuatu yang kreatif dan mampu membangkitkan kenangan dengan melihatnya kembali.

Founder Creative Journaling Kalbar, Zulfa Khairunnisa Ishan mendidirikan komunitas pada tanggal 26 Oktober 2020 bersama sang sahabat, Umniyati.

Ketertarikan Zulfa pada creative journaling sudah cukup lama, yakni pada tahun 2017. Sejak saat itu, Zulfa aktif mencari informasi mengenai creative journaling. Zulfa juga sempat ikut serta workshop mengenai creative journaling di Bandung. Setelahnya, ia pun mulai menularkan hobinya ini kepada sahabatnya, Umni.

Meskipun terpisah jarak, Zulfa di Pontianak dan Umni ada di Singkawang. Akan tetapi, kerap kali saat ada waktu berjumpa, Zulfa dan Umni selalu menyempatkan untuk membuat jurnal bersama. Merasa passion nge-jurnal yang dimiliki keduanya masih minim jumlahnya di Kalbar, maka Zulfa dan Umni sepakat untuk mendirikan komunitas ini sebagai wadah untuk menyalurkan hobi dan saling memberi inspirasi satu sama lain, khusus untuk wilayah Kalbar.

“Alhamdulillah, mendapatkan respons yang positif sehingga berdirilah komunitas ini hingga sekarang,” kata Zulfa.

Saat ini, sudah ada 12 anggota yang tergabung dalam komunitas ini. Zulfa mengatakan umumnya memang pencinta creative journaling tidak terlalu banyak. Bagi Zulfa dan Umni yang penting adalah bagaimana kualitas para anggota untuk mengembangkan dirinya masing-masing dalam CJK.

Zulfa dan Umni juga membuka lebar peluang bagi siapapun yang ingin bergabung ke komunitas ini, baik untuk menyalurkan hobi ataupun sekadar ingin belajar mengenai creative journaling.

Bercerita mengenai awal memperkenalkan CJK sebelum resmi beranggotakan dua belas orang, Zulfa dan Umni mulai dengan menyebarkan poster untuk bergabung bagi yang berminat. Zulfa bersyukur satu per satu ada beberapa orang yang meminta untuk bergabung dan membantu keduanya dalam menyebarkan info tentang CJK ini.

Selain memperkenalkan creative journaling, Zulfa dan Umni juga mengadakan sharing dan tanya jawab mengenai dunia journaling, mulai dari tips kreatif, produktif sampai sharing mengenai berbagai printilan atau stationery yang lucu dan bermanfaat dalam menunjang kegiatan journaling.

Setelah itu, di grup Zulfa dan Umni melakukan sharing mengenai ‘karya pertamaku’ dan setiap anggota bebas untuk mengirimkan foto ke grup dan kemudian berikutnya hasilnya diunggah ke Instagram.

Zulfa, Umni dan anggota lain sepakat melakukan challenge setiap pekannya dengan tema-tema yang unik, misalnya About Me, Floral, Favorite Quotes, Places dan lainnya yang tentunya memacu masing-masing anggota untuk terus berkarya.

Kegiatan ini dilakukan setiap pekan. Dulu saat awal challenge, tema akan di-launching setiap hari Jumat. Sedangkan batas pengumpulan maksimal dilakukan sebelum hari Jumat di pekan depannya. Sekarang challenge akan muncul hari Senin dan deadline maksimal sebelum hari Senin di pekan berikutnya.

“Jadi, setelah challenge diumumkan, semua anggota boleh mengirimkan karyanya di grup. Nantinya, admin akan mengunggah hasil karya di laman Instagram CJK,” ucapnya.

Ketika di luar challenge, biasanya CJK juga bebas melakukan sharing hasil karya dengan saling mengirimkan foto, atau inspirasi melalui video bahkan sampai rekomendasi barang-barang yang dijual di berbagai toko.

Apakah jurnal yang dibuat hanya sebatas diunggah di laman Instagram komunitas? Zulfa menjawab, ia pribadi biasanya menyimpan karyanya dalam sebuah jurnal kulit (leather journal) dengan model Traveler’s Notebook yang mana dapat menyatukan kumpulan buku ukuran tertentu dalam satu jurnal.

Ada juga yang menggunakan jenis jurnal atau buku lainnya untuk melakukan creative journaling. Jadi, tidak sebatas pada jurnal seperti ini. Selain disimpan dan dibuka kembali saat ingin bernostalgia, jurnal ini biasanya juga akan dibawa dalam kegiatan seperti playdate dan dilihat oleh teman-teman lain sebagai sumber inspirasi dalam membuat jurnal.

Sebenarnya Zulfa, Umni dan anggota lain sangat ingin melakukan pertemuan langsung atau biasa yang ia sebut dengan istilah Play Date. Namun, karena terkendala pandemi Covid-19 dan saat ini beberapa anggota juga sedang tidak berada di Pontianak, jadi CJK berencana untuk melakukan Play Date di tahun 2021.

Zulfa tidak menampik setiap komunitas pasti ada kendalanya, dan saat ini memang CJK mengalami kendala karena beberapa anggota sudah mulai aktif dalam aktivitas kesehariannya di pandemi Covid-19 ini. Sehingga, sedikit sulit untuk menyempatkan waktu nge-jurnal.

Namun, karena komunitas CJK ini berbasis kekeluargaan dan menghidupkan atmosfer yang yang santai, tidak ada tekanan untuk anggota.

Kembali lagi, karena CJK adalah komunitas hobi, dan ajaibnya justru teman-teman saling mendukung satu sama lain dalam melakukan aktivitasnya sehingga banyak tali persahabatan baru yang timbul dalam komunitas ini.

Zulfa berharap ke depannya CJK dapat selalu memberikan manfaat dan inspirasi kepada banyak orang untuk berkreasi dan mensyukuri hidup. Semoga berikutnya CJK akan lebih berkembang dan bisa memiliki anggota di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Kalbar.**

CHALLENGE 1: Tema  About Me oleh Vica Vionita, ia memasukkan pop up ke dalam jurnalnya.
CHALLENGE 2: Tema  Favorite Quotes Oleh Sundari.
CHALLENGE 4: Tema Floral Oleh Izzatul Yazidah.
CHALLENGE 5: Tema Places oleh Umni Yati.

Foto: Instagram @creativejournalingkalbar

 

error: Content is protected !!